Cara Flash Samsung J2 Prime Bootloop Dengan PC Via Odin WORK 100%

Cara Flash Samsung J2 Prime Bootloop Dengan PC Via Odin WORK 100%
Cusromos - Kali ini saya bakal share teknik mengatasi Samsung J2 Prime G532G/DS Bootloop (Mentok sampai logo Samsung) atau tak sempat pola / PIN dengan teknik flashing memakai Firmware teranyar dengan PC via Odin Flashtool. Sebelum membicarakan lebih jauh mengenai persiapan dan tahapan yang diperlukan, berikut ialah pengertian dari Bootloop tersebut sendiri.

Bootloop sendiri adalah penyakit umum yang sering dirasakan smartphone android khususnya merk Samsung. Gejala Bootloop pada hape ditandai dengan gagalnya perlengkapan untuk booting dan masuk kedalam sistem, namun mentok di logo kemudian restart yang dilangsungkan berulang-ulang. Untungnya ponsel yang merasakan Bootloop dapat ditanggulangi dengan teknik Flash memakai Odin.

Dari pengalaman memakai ponsel android merk Samsung, terdapat 3 penyebab utama kenapa hape android dapat Bootloop seperti : 
  1. Pemasangan sistem (Flashing) yang tidak sempurna dampak dari Firmware yang korup atau proses flashing terhenti sebab insiden mati lampu dan kebetulan flashingnya memakai komputer dekstop tanpa UPS.
  2. Bisa pun karena mengerjakan perubahan pada sistem (Tweak) yang mengakibatkan sistem menjadi kacau dan tidak dapat booting dengan normal.
  3. Atau melakukan kekeliruan setting pada saat mengerjakan overclock CPU handphone dengan harapan perlengkapan jadi lebih kencang menjalankan software berat.
Lalu bagaimana cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime, berikut penjelasannya..

Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G/DS Dengan PC Via Odin Flashtool

Persiapan Sebelum Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS

Sebelum masuk ke ulasan tentang langkah-langkah flash Ponsel Android Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G/DS terlebih dahulu persiapkan sejumlah Software dan Hardware yang dibutuhkan seperti:

1. Firmware Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Region Indonesia

Firmware yang dipakai untuk Flashing Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G/DS adalah Firmware pribumi yang dikembangkan Samsung. Agar performa hape sesudah di flash semakin baik, sebaiknya untuk memakai Firmware versi terbaru. Firmware Original bawaan hape Samsung memiliki bentuk TAR.MD5, tetapi seringkali dikemas dalam bentuk Zip. 


Setelah kamu selesai mengunduh Firmware guna Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G/DS ekstrak dan letakkan pada lokasi (folder) yang mudah kamu temukan, contohnya di Dekstop.

2. Program Odin

Tidak seperti Ponsel Xiaomi dan Asus yang dapat di Flash dengan SP Flashtool maupun ADB Fastboot Flashtool, Ponsel Android besutan Samsung hanya dapat di Flash dengan Program Odin. Program Odin sendiri ketika ini telah dikembangkan ke sejumlah Versi tergantung dari tipe Ponsel, Firmware dan Versi Android yang digunakan.


3. Driver USB Samsung Terbaru

Dalam praktiknya saat mengerjakan Flash ulang Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G/DS kita membutuhkan perangkat komputer dengan Sistem Operasi Windows. Supaya ponsel Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G/DS bisa terdeteksi oleh Windows maka kamu harus menginstal Driver USB Samsung terlebih dahulu. Apabila sebelumnya kamu sudah menginstal Program Samsung KIES, langkah ini dapat kamu lewatkan sebab didalam Program tersebut telah termasuk Driver USB Samsung versi terbaru.


4. Laptop Dengan Sistem Operasi Windows (Opsional)

Seperti yang sudah dibicarakan diawal tadi, kita membutuhkan perangkat komputer dengan Sistem Operasi Windows, baik tersebut Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10. Karena proses Flashing dapat merusak hape andai terjadi gangguan pada ketika menjalankan penginstalan sistem baru, paling direkomendasikan memakai Laptop sampai-sampai pada ketika ada kejadian tidak terduga laksana listrik mati, masih terdapat cadangan daya baterai pada Laptop guna melanjutkan proses Instalasi Firmware.

5. Kabel Data (USB) Original Bawaan Hape 

Menggunakan kabel data dengan kualitas buruk bisa menghambat (menghentikan) proses pemasangan firmware. Akibat yang dimunculkan saat proses ini terhenti ialah Hape Boot Loop, atau yang lebih parah Chip eMMC pada hape lemah (rusak). Bagi itu, pakai selalu kabel data (USB) Original bawaan hape atau minimal yang masih dalam situasi sangat baik (akan lebih baik lagi andai masih baru).

6. Telah Membuat Cadangan File / Backup Data Memori Internal

Memang sih kalau melulu urusan flashing hape tidak bakal menghapus data yang terdapat di Memori Internal. Tetapi sebab dari empiris sebelumnya biasanya setelah di Flash hape justeru Bootloop jadi darurat harus di Reset Ulang. Jadinya seluruh file yang terdapat dimemori internal hilang beserta software dan akun-akunnya sekalian. Guna menghindari kejadian itu usahakan bikin cadangan file dengan teknik memindahkan file-file yang terdapat dimemori internal ke SD Card atau ke harddisk laptop.

7. Mengisi Daya Baterai Hinggu Full 100% (Opsional)

Sebenarnya sih baterai mengandung 50% sudah lumayan untuk sekedar menuntaskan proses Flasing hape Samsung Galaxy anda. Tetapi bila nanti ada kekeliruan pemasangan yang mengharus kan kamu anda mengulang proses dari mula (mudah-mudahan saja enggak terjadi) ada lumayan daya guna ngulang. Siapa tahu pun nanti mati lampu, jadi asal telah siap siaga saja sih tujuannya.

8. Mengaktifkan Pendebug USB (USB Debuging)

Mengaktifkan USB Debuging (Pendebug USB) bertujuan memberi izin untuk sistem supaya Odin dapat melakukan penulisan ulang sistem. Untuk menggiatkan USB debugging dengan teknik buka menu “ Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB “ .

Jangan lupa guna memberi centang pada Buka Kunci OEM andai ada ( Mode Pengembang disembunyikan guna android 4.4.4 ke atas). Sedangkan untuk memperlihatkan menu Opsi Pengembang Buka “ Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik sekitar 6-8x) “.


Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G/DS Bootloop, Lupa PIN dan Lupa Pola 


Langkah 1. Wipe Data Factory Reset

Supaya sistem baru tidak ribut dengan saldo sistem lama yang seringkali akan menciptakan tidak dapat masuk kedalam menu saya paling merekomendasikan kamu untuk mengerjakan Factory Reset terlebih dahulu.

Pertama Matikan perlengkapan Samsung Galaxy anda, bila memungkinkan lepaskan baterai agar benar-benar yakin perlengkapan telah mati. Selanjutnya masuk Recovery Mode dengan teknik menekan kombinasi tombol “ Power + Home + Volume Atas “ secara bersamaan.

Setelah masuk Recovery Mode pakai tombol volume untuk beralih dari pilihan yang satu ke pilihan yang beda dan tombol power guna memilih di antara opsi. Selanutnya pilihlah pilihan “ Wipe Data Factory Reset “ yang lantas dilanjutkan dengan memilih “ Delete All User Data “.

Setelah proses reset selesai, pulang kemenu utama kemudian Restart perlengkapan dengan memilih menu “ Reboot System Now “ .

Langkah 2. Masuk Download Mode

Masuk ke Download Mode dengan mengurangi tombol kombinasi “ Power + Home + Volume Bawah “, setelah hadir logo Samsung lepaskan seluruh tombol tadi. Akan hadir peringatan bahaya mengerjakan instalasi perangkat empuk tidak resmi, namun abaikan saja dengan mengurangi Volume Atas guna masuk ke Download Mode.

Langkah 3. Jalankan Aplikasi Odin

Jalankan Program Odin yang telah diunduh tadi kemudian sambungkan ponsel Android dengan komputer. Odin secara otomatis bakal mengenali perangkat sebab sebelumnya kita telah menginstal driver USB Samsung. 

Perhatikan pada ID:COM yang diberi tanda merah (kanan atas) bakal berwarna BIRU yang menandakan perlengkapan terbaca dengan sempurna dan siap guna di Flash. Pada Message Box akan hadir pesan “Added” sesaat sesudah Ponsel Android tersambung. Sedangkan Pada menu Option dan Pit biarkan pada penataan defaultnya laksana “Auto Reboot” dan” F. Reset Time “


Masukkan Firmware yang bakal diinstal dengan mengurangi tombol PDA / AP kemudian cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.

PENTING....!!!

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file dengan kode AP saja dengan bentuk Tar.MD5. Apabila nanti firmware yang kamu download ternyata terdiri dari tidak sedikit 5 file laksana : AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC. Masukkan File itu pada kolom ODIN yang cocok dengan kode nama File.

Misalnya : File PA untuk kolom PA, File BL untuk kolom Bootloader dst. 

Khusus untuk CSC hanya digunakan jika kamu ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jika tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC. 

Langkah 4. Jalankan Proses Flash

Selanjutnya setelah seluruh file terdapat ditempatnya setiap klik tombol “ Start “ pada software Odin guna memulasi flashing. Setelah hadir pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan sambungan kabel USB Ponsel Samsung kamu dengan komputer. Booting mula perangkat sesudah menjalani proses Flashing akan dilangsungkan agak lama sebab sistem baru perlu menyimak hardware dan memasang software baru.

Selamat, kamu telah berlalu Flash ulang Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G/DS.

Masalah Saat Flash Ulang Samsung Galaxy

Ada sejumlah masalah yang sering dirasakan para Flasher saat memakai program Odin guna instal ulang Firmware pada perlengkapan Samsung Galaxy laksana :

1. Perangkat Tidak Terbaca Program Odin

Penyebab hape tidak terbaca oleh program Odin dapat jadi karena kamu belum menginstal driver USB Samsung. Instal pulang Driver USB Samsung versi terbaru, dan gunakanlah driver yang cocok dengan tipe sistem operasi komputer contohnya Windows 64 bit maka pakai driver USB guna Windows 64 bit.

Selain sebab belum menginstal Driver USB , perlengkapan tidak terbaca dapat jadi diakibatkan oleh Port USB ponsel kamu rusak, atau kebalikannya Port komputer kamu yang rusak. Atau dapat jadi ponsel samsung kamu tidak terbaca sebab kabel data yang dipakai jelek.

Kalau ternyata Port USB hape yang rusak, tidak ada teknik lain kecuali memperbaikinya terlebih dahulu. Sedangkan andai Port USB komputer yang rusak, jajaki di Port yang lain.

2. Proses Flash Terhenti (Fail)

Terhentinya proses flash ditengah jalan diakibatkan oleh sejumlah hal berikut seperti : 

Firmware tidak sesuai dengan seri dan pita dasar perlengkapan android, solusinya ganti dengan firmware yang cocok dengan tipe dan seri HH serta Versi Pita Dasar yang dapat diperiksa pada Menu Pengaturan / Informasi Telepon / Informasi Perangkat Lunak / Versi Pita Basis.

Kabel datanya jelek (bermasalah), solusinya ganti dengan yang lebih baru.

Menggunakan versi Odin yang tidak sesuai dengan Firmware, solusinya ganti versi Odin dimana guna firmware 1 file pakai Odin dengan kolom PDA, sementara paket firmware komplit 4 File pakai Odin dengan kolom PA/PDA.

Demikian keterangan tentang bagaimana Cara Flash Samsung Galaxy J2 Prime Dengan Firmware Marshmallow, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Flash Samsung J2 Prime Bootloop Dengan PC Via Odin WORK 100%"

Posting Komentar

[[ Berkomentarlah yang sopan, jangan suka menghujat! ]]
[[ Jika ada kesalahan informasi mohon di koreksi karena tujuan kita adalah untuk berbagi satu sama lain ]]
[[ Kebanyakan komentar keluhan, jika admin tidak aktif pengunjung bisa membantu teman yang lainnya ]]
[[ Berbagi adalah hal yang indah, terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkomentar ]]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel