[Sukses] Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A (RIVA)

Cusrom OS | Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A (RIVA) - Sebelum menginstall TWRP Recovery atau memodifikasi sistem Android Xiaomi, langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan unlock bootloader terlebih dahulu Xiaomi Redmi 5A. Dimana unlock bootloader sendiri merupakan proses yang lumayan mudah namun harus membutuhkan kesabaran, karena harus menunggu SMS persetujuan unlock bootloader dari pihak Xiaomi hingga beberapa hari.

Cara unlock bootloader Xiaomi Redmi 5A sebenarnya sama saja dengan unlock bootloader Xiaomi lainnya, kamu juga bisa mengikuti tutorial cara unlock bootloader Redmi Note 5 Pro yang sudah pernah saya share. Setelah kamu sudah bisa unlock bootloader Xiaomi Redmi 5A maka kamu dapat menginstall TWRP, Rooting, Custom Rom, dan lain sebagainya, mungkin untuk melakukannya memang agak ribet dan prosesnya cukup panjang tapi setelah kamu bisa menyelesaikannya maka hasil akhir dapat kamu nikmati dengan enak.

Baca juga:
Xiaomi Redmi 5A atau biasa disebut RIVA karena codename nya ini merupakan smartphone Android mid-end yang cukup laris digemari konsumen. Dengan harganya yang terjangkau, Xiaomi juga tidak lupa membekali smartphone ini dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, dimana dapur pacu Xiaomi Redmi 5A dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang didukung pengelolah grafis Adreno 308. Ada dua varian RAM dan penyimpanan internal yaitu 2GB/16GB dan 3GB/32GB, selain itu Redmi 5A sudah menggunakan sistem operasi Android Nougat MIUI 9.


Nah, untuk bisa mengikuti tutorial cara unlock bootloader Redmi 5A pastikan kamu sudah mendapat izin atau persetujuan unlock bootloader dari Xiaomi, jika belum kamu bisa mengikuti tutorial ini dulu yaitu Cara Mendapat SMS Approved Unlock Bootloader Dari Xiaomi. Setelah sudah mendapatkan persetujuan kamu bisa mengikuti tutorial berikut.

Cara Unlock Bootloader Redmi 5A (RIVA)

  1. Anggap saja kamu sudah menyelesaikan syarat-syarat diatas, kemudian silahkan aktifkan Developer Option. Dengan cara buka menu Setelan > Tentang Ponsel > lalu Klik 7x pada Versi MIUI sampai muncul pemberitahuan "Anda telah menjadi pengembang".
  2. Lanjut buka Setelan Tambahan pilih Opsi Pengembang kemudian kamu aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  3. Masih di Opsi pengembang buka menu Status Mi Unlock lalu tekan "Tambah akun dan Perangkat" jika muncul Error 10008: 参数错误、 请参考API文档. Download dan Install aplikasi PlexVPN kemudian jalankan dan pilih server China – Shenzhen lalu Tap to connect. Setelah itu masuk lagi ke menu Status Mi Unlock dan coba tekan "Tambah Akun dan Perangkat".
  4. Sekarang download Mi Unlock Tool untuk Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A.
  5. Turn off Xiaomi Redmi 5A
  6. Dan masuk ke dalam mode Fastboot dengan menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan hingga muncul logo kelinci memperbaiki robot.
  7. Setelah itu, hubungkan Xiaomi Redmi 5A kamu ke PC menggunakan kabel USB.
  8. Buka aplikasi Mi Unlock dan Login Akun Mi kamu. 
  9. Lalu klik Unlock, tunggu proses Unlocking berjalan 100%.
  10. Kemudian tekan Reboot Phone
  11. Maka smartphone akan restart dan masuk ke Home Screen dengan sendirinya.
Bagaimana menurut kalian, sulit atau mudah? So, itu tergantung usaha kalian untuk mencoba jika gagal kamu bisa mencoba hingga beberapa kali sebab pihak Xiaomi sendiri tentunya mungkin kewalahan untuk menanggapi permintaan unlock bootloader dari setaip user yang begitu banyak. Selain itu, ada beberapa catatan bagi kamu yang masih gagal untuk unlock bootloader Redmi 5A.

NB: Tips Bagi yang Masih Gagal
  • Jika muncul notifikasi "Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device" maka kamu harus menunggu selama 15 hari untuk bisa UBL kembali.
  • Meski sudah pake VPN tapi tetap gagal, silahkan coba nonaktifkan fitur Cari Perangkat. Caranya buka Setelan – Sinkron – Mi Cloud kemudian Restart device dan setelah itu silahkan dicoba lagi.
Mungkin itu saja pembahasan mengenai Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A (RIVA) yang bisa saya sampaikan, semoga tutorial yang saya sampaikan bisa mudah untuk kalian pahami. Dan terima kasih sudah berkunjung ke CusromOS.com semoga bermanfaat, jangan lupa untuk dishare ya...!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel