Cara Install Google Camera HDR+ dan EIS di Xiaomi Mi A1 Tanpa Root

Cusrom OS | Cara Install Google Camera di Xiaomi Mi A1 Tanpa Root, UBL, maupun TWRP - Sebelum ke pembahasan utama, kali ini admin akan sedikit membahas mengenai smartphone Xiaomi Mi A1. Smartphone yang dirilis Xiaomi pada bulan September 2017 ini sangat menarik banyak perhatian konsumen, yang membuat menarik dari Xiaomi Mi A1 adalah fitur dual kamera yang dapat mengambil foto bokeh layaknya kamera DSLR. Setup dual kamera tersebut memiliki fungsi yang berbeda masing-masing satu kamera sebagai kamera telephoto sementara yang satunya lagi sebagai wide Angle.

Selain itu, kamera utama Xiaomi Mi A1 mampu merekam video hingga 2160 pixel. Sedangkan kamera bagian depan hanya mempunyai resolusi 5 MP untuk berfoto selfie. Berbeda dengan smartphone Xiaomi lainnya, Xiaomi Mi A1 bekerjasama dengan Google sehingga Xiaomi Mi A1 pure menggunakan sistem operasi Android, A1 sendiri mempunyai kepanjangan Android One. Ketika ada versi Android baru maka Xiaomi Mi A1 akan lebih cepat mendapatkan pembaharuan dari Google.

Baca juga:
Dengan harga yang sangat terjangkau, Xiaomi Mi A1 menjadi incaran konsumen terutama bagi pengguna yang gemar foto. Memang sih Xiaomi Mi A1 memiliki hasil foto yang sangat memukau apalagi di mode bokeh, namun ada beberapa kekurangan Mi A1 yaitu tidak adanya fitur electronic image stabilization (EIS) sehingga hasil memotret kurang optimal atau sempurna saat ada pergerakan ketika mengambil foto.

Tak hanya itu, Xiaomi Mi A1 secara default juga tidak mengaktifkan fitur Camera2 API, mungkin beberapa dari kalian masih asing dengan fitur tersebut. Camera2 API merupakan sebuah API yang berfungsi untuk memberikan akses yang lebih ke sebuah sistem kamera Android seperti akses tingkat lanjut suatu kamera misalnya akses manual exposure (ISO, shutter speed), focus mode, RAW capture dan lain-lain.


Untuk mengaktifkan fitur tersebut kamu harus melakukan rooting terlebih dahulu supaya sistem diubah dengan membuka hak aksesnya, namun melakukan root memiliki beberapa dampak negatif diantaranya garansi HP hangus dan tidak dapat menerima update via OTA official lagi dari Xiaomi. Namun jangan patah semangat karena masih ada cara untuk mengakalinya, trik untuk mengaktifkan fitur Camera2 API serta menginstall Google Camera HDR+ dan EIS tanpa root, UBL, maupun TWRP datang dari member forum XDA Developer.

Cara Install Google Camera Xiaomi Mi A1 tanpa root ini terbilang aman karena tidak akan menghilangkan garansi maupun menghilangkan update via OTA sistem operasi MIUI official dari Xiaomi. Baiklah, sebelum memulai tutorial ada beberapa file dan syarat-syarat yang harus kamu siapkan.

Hal-hal yang Dibutuhkan

Cara Install Google Camera Xiaomi Mi A1 Tanpa Root

  1. Ekstrak file ADB / Fastboot driver versi 1.4.3 lalu install dan ikuti perintah dari CMD pilih Y atau ikuti tutorial di XDA.
  2. Ekstrak juga file Tool Google Camera Mi A1 tanpa Root nanti akan muncul beberapa file.
  3. Pilih file "GCam Mi A1" dan klik kanan lalu pilih Run as administrator, hingga muncul tampilan "Instal Driver", "Enable HAL 3", dan "Disable HAL 3".
  4. Hubungkan Xiaomi Mi A1 ke PC/Laptop menggunakan kabel USB original. 
  5. Ketika muncul notifikasi "Allow USB debugging" pada smartphone tekan OK.
  6. Buka CMD (command prompt) dengan cara tekan tombol "Windows + R" lalu ketik cmd.
  7. Pada aplikasi CMD (command prompt) ketikkan perintah : adb devices, kalau muncul notifikasi "daemon not running" berarti Mi A1 kamu belum terhubung ke PC/Laptop. Sedangkan kalau muncul notifikasi seperti "device" Mi A1 kamu sudah terhubung.
  8. Lanjut kembali ke Tool GCam Mi A1, dan pilih menu "Enable HAL3, EIS and install GCam" yang posisinya berada di tengah.
  9. Jika di proses tersebut muncul notifikasi "Configure the app like the picture and force the…" kamu harus mengulangi proses menghubungkan HP Mi A1 ke PC/Laptop sampai notifikasi tersebut tidak muncul lagi.
  10. Tool GCam Mi A1 akan otomatis berjalan melakukan proses instalasi. Selama proses ini Mi A1 akan tiba-tiba mati dan masuk ke fastboot dan di layar akan muncul TWRP Recovery dengan sendirinya. Nah, selama proses instalasi di TWRP Recovery ini jangan pernah menekan menu apapun pada Xiaomi MI A1 cukup biarkan saja, karena takutnya membuat proses instalasi gagal. Tunggu hingga beberapa menit karena biasanya proses berlangsung hingga kurang lebih 15 menit.
Dengan begitu kamu bisa menikmati aplikasi kamera Google Camera serta fitur Camera2 API di Xiaomi Mi A1 tanpa perlu install SuperSU, Magisk, UBL, maupun TWRP Recovery. Sebelum itu, kamu harus melakukan Setting Google Camera supaya bekerja dengan optimal.

Settingan Google Camera Mi A1

  1. Buka aplikasi Google Camera
  2. Buka menu Settings
  3. Pilih menu Advanced
  4. Ubah pengaturan HDR+ parameters menjadi Super High
  5. Aktifkan menu Portrait mode
  6. Aktifkan menu Use ZSL
  7. Ubah pengaturan HDR+ image quality menjadi 100%
  8. Aktifkan Improve photos in low light
  9. AKtifkan Show dirty lens warning
Sebagai catatan, mungkin dari kamu akan menemui beberapa masalah saat proses instalasi, misalnya pada proses me-lock sistem perangkat TWRP Recovery hanya stuck alias mentok disitu saja hingga lebih 20-30 menit dan tidak kunjung selesai. Untuk mengatasinya kamu bisa cancel proses instalasi dengan cara menekan tombol "Power + Volume down" untuk me-restart device. Jangan khawatir, karena device akan tetap menyala namun dalam keadaan unlocked.

Video Tutorial Install Google Camera Mi A1 Tanpa Root


Jika gagal kamu bisa mencoba lagi, karena rata-rata yang sukses menginstall aplikasi Google Camera di Xiaomi Mi A1 membutuhkan beberapa kali percobaan. Meskipun aman untuk garansi device dan bisa update sistem operasi via OTA, tentunya kamu juga harus berhati-hati karena pastinya tutorial memasang Google Camera Mi A1 tanpa root ini memiliki resiko. Jadi, segala kerusakan yang terjadi ditanggung diri sendiri.

Demikian artikel mengenai cara pasang aplikasi Google Camera Mi A1 tanpa root, tanpa UBL, maupun tanpa install TWRP Recovery. Jika kamu berhasil menginstall Google Camera di Mi A1 tanpa root, jangan lupa untuk di share ke teman-teman kamu supaya tahu. Semoga bermanfaat...!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel