9/08/2017

5 Tips Ampuh Mengatasi HP Xiaomi Panas dan Boros Baterai

Cusrom OS | Tips Ampuh Mengatasi HP Xiaomi Panas dan Boros Baterai - Xiaomi merupakan smartphone dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi yang cukup tinggi, dalam penopang daya juga dilengkapi dengan baterai yang cukup besar, rata-rata smartphone Xiaomi biasanya dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4000 mAh. Jadi tidak heran apabila HP Xiaomi dengan spek gahar bisa bertahan lama untuk bermain game dan aktivitas lainnya. Namun tidak semua smartphone tersebut bisa berjalan lancar semestinya, ada beberapa user yang sering mengeluh karena HP miliknya cepat panas dan boros saat digunakan dalam aktivitas biasanya seperti membuka aplikasi sosial media ataupun bermain game.


Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah ada 2 kemungkinan, yang pertama memang kesalahan dari pemilik yang kurang baik dalam penggunaan smartphone, misalnya menggunakan HP saat di charger. Dan yang kedua memang HP tersebut mengalami masalah cacat pabrik dalam hal hardware ataupun software, namun kamu jangan khawatir kali ini saya akan mencoba berbagi beberapa tips untuk mengembalikan HP Xiaomi kamu kedalam kondisi yang normal. Cara ini bisa kamu coba untuk semua HP Xiaomi seri Redmi maupun Mi, berikut cara mengatasi HP Xiaomi yang boros baterai maupun cepat panas.

1. Pastikan ROM yang Digunakan Resmi

Yang pertama kamu herus memastikan ROM atau Firmware yang digunakan dalam HP Xiaomi kamu itu resmi atau bukan, karena tidak sedikit HP Xiaomi yang dibekali ROM abal-abal oleh seller nakal yang mencoba mengakali sistem pada MIUI. Sebut saja perangkat Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang sering ditemukan memakai ROM Distributor, jika kamu pengguna Redmi Note 3 maka cobalah untuk mengecek ROM terlebih dahulu, bingung cara mengeceknya? Silahkan baca artikel berikut → Cara Mengetahui ROM Distributor, Global Stable, China Stable, dan China Developer

2. Coba Untuk Update Firmware

Nah, jika kamu sudah berada dalam ROM resmi tapi masih mengalami boros baterai, maka langkah kedua coba untuk melakukan update ROM MIUI ke versi terbaru atau melakukan downgrade. Kenapa demikian? Sebab tiap-tiap versi ROM kadang memiliki sebuah bugs, jadi mungkin saja ROM yang kamu gunakan saat ini terdapat bugs, jadi lebih baik kamu update atau meminta review terlebih dahulu ke orang yang sudah mencoba versi ROM tersebut.

 3. Bersihkan File Sampah

Selama kamu memakai HP untuk kegiatan sehari-hari, secara tidak kita sadari banyak junk file atau file sampah yang tersimpan pada HP kamu dan menyebabkan HP mendapat beban dengan kinerjanya sehingga sistem akan bekerja lebih over. Kamu bisa membersihkan file sampah menggunakan aplikasi CCleaner atau menggunakan fitur bawaan Xiaomi di Setelan > Penyimpanan > Pembersih.

4. Lakukan Kalibrasi Baterai

Jika dirasa performa baterai pada HP Xiaomi kamu kurang optimal kamu bisa mencoba melakukan kalibrasi baterai, apa itu kelibrasi beterai? Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca artikel mengenai Cara Mudah Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Aplikasi.

5. Ganti Baterai Dengan Yang Baru

Jika semua cara tidak mendapatkan solusi maka cara terakhir yang paling ampuh adalah mengganti baterai HP Xiaomi kamu yang mungkin sudah tua atau bermasalah. Sebagai benda eletronik pasti lama kelamaan akan mengalami kerusakan baik itu disengaja maupun tidak. Kamu harus membeli baterai yang sesuai dengan tipe HP kamu dan usahakan original, untuk memasangnya kamu lebih baik ke service center sebab rata-rata HP Xiaomi menggunakan baterai tanam.

Baiklah, itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi HP Xiaomi yang boros baterai dan cepat panas. Untuk lebih lengkapnya mengatasi HP yang mudah panas, kamu bisa membaca artikel yang khusus membahas penyebab HP yang cepat panas dan cara mengatasinya, berikut artikel tersebut → Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas.