6/22/2017

[Tested] Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android (Bloatware) Permanen

Cusrom OS | Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android Secara Permanen - Pernahkah kamu mencoba menghapus aplikasi bawaan atau bloatware namun tidak ada opsi Uninstall App? Ya, hal ini memang sangat wajar sebab aplikasi bawaan dari Android memiliki kegunaan yang ditujukan pada perangkat Android. Untuk menghapus atau melakukan uninstall aplikasi bawaan Android maka smartphone kamu harus menjadi seorang administrator terlebih dahulu, lalu bagaimana caranya? Tentu saja perangkat Android kamu harus sudah di root, karena cukup mustahil apabila menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root.

Jika perangkat Android kamu sudah di root maka banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan, melakukan uninstall aplikasi bawaan juga sangat mudah. Disini saya akan memberikan tutorial uninstall aplikasi bawaan dengan cara yang sangat mudah dan simpel untuk dilakukan, kamu tidak perlu mengedit file system atau mengedit sesuatu yang berhubungan dengan kode-kode yang membingungkan, apalagi kamu tidak ada keahlian dalam bidang tersebut yang nanti jika salah mengedit malah menyebabkan perangkat Android kamu bootloop.

Baca juga:
Cara ini sudah saya coba sendiri jadi tested dan work 100% tanpa menyebabkan perangkat Android kamu bootloop, cara ini saya terapkan pada smartphone Xiaomi. Pasti kamu tahu sendiri kan, kalau Xiaomi biasanya memiliki bloatware yang lumayan banyak, meski gak semua sih. Namun cara ini juga biasa kamu terapkan pada semua jenis merk smartphone Android yang penting sudah di root, misalnya ASUS, Samsung, OPPO, Vivo, Smartfren, Evercoss, Sony, Huawei, Lenovo, Advan, dan lain sebagainya. Bagaimana penasaran? Berikut cara menghapus aplikasi bawaan Android secara permanen.

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android atau Bloatware

  1. Pertama, download aplikasi System App Remover
  2. Jika sudah terinstall, jalankan aplikasinya. Ketika SuperSU meminta akses root, silahkan izinkan.
  3. Setelah terbuka, maka pada awal menu kamu sudah berada pada menu Aplikasi sistem.
  4. Silahkan ceklis pada bagian aplikasi sistem atau bawaan yang ingin kamu hapus.
  5. Misalnya Google Chrome, kemudian klik Cabut pemasangan atau Uninstall.
  6. Nanti akan muncul jendal pop-up mengenai peringatan, lalu pilih Ya.
  7. Selesai.
Kamu dapat menghapus aplikasi bawaan secara bersamaan dalam satu uninstall menggunakan aplikasi ini, selain itu aplikasi ini juga sangat ringan dan tidak memakan banyak kapasitas internal sebab aplikasi ini hanya memiliki ukuran file sekitar 2 MB. Fitur-fitur lainnya juga bisa kamu dapatkan di aplikasi System app remover, seperti memindahkan aplikasi ke SDCard, backup aplikasi, dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai cara menghapus aplikasi bawaan Android (Bloatware) secara permanen yang bisa diterapkan pada semua jenis merek smartphone, misalnya ASUS, Xiaomi Samsung, OPPO, Vivo, Smartfren, Evercoss, Sony, Huawei, Lenovo, Advan, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat...!