4/11/2017

[Tested] Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Cusrom OS | Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 3 Pro - Banyak sekali pengguna smartphone kenzo alias Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini di masyarakat Indonesia, mungkin tak hanya di Indonesia saja, melainkan di negara luar misalkan China dan lain sebagainya. Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini memiliki daya tarik yang cukup kuat sehingga banyak masyarakat yang membeli smartphone ini. Saking banyaknya peminat Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini membuat smartphone ini bertengger di forum MIUI karena banyaknya opreker yang membuat mod, custom rom, dan aktifitas oprek lainnya.

Bagi kamu yang sedang mencari tutorial cara root ataupun cara memasang TWRP, kemungkinan besar kamu ingin install file zip fix 4G LTE secara permanen. Ya, mungkin kamu sudah tahu sendiri kalau pihak Xiaomi menghilangkan pengaturan 4G pada update MIUI versi terbaru karena disebabkan peraturan pemerintah mengenai TKDN. Selain itu, mungkin kamu memiliki alasan lain untuk melakukan root atau install TWRP misalnya ingin install custom rom atau ingin menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses root.

Sebagai pengguna baru pasti kamu agak ragu untuk melakukan rooting ataupun install TWRP pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Kenzo) alasannya mungkin cukup simpel yaitu takut garansi hilang, takut bootloop, dan lain-lain. Kalau mengenai alasannya karena garansi sih agak aneh sebab Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini belum ada garansi resmi di Indonesia jadi jangan memiliki alasan karena takut garansi hilang wkwkwk. Kalau menurut saya sih wajar kalau takut atau khawatir pada saat baru saja membeli atau menggunakan smartphone baru untuk di oprek.


Tetapi kalau memasang TWRP ini sangat penting karena memiliki banyak fungsinya selain mengembalikan perangaturan 4G LTE yang hilang. Nah, bagi kamu yang sudah siap ingin memasang TWRP dan root di Xiaomi Redmi Note 3 Pro pada artikel ini saya akan membagikan TWRP yang cocok untuk si kenzo yaitu TWRP ZCX, dimana TWRP ZXC ini memiliki fitur yang support update OTA atau pembaruan sistem secara langsung melalui smartphone. Selama ini saya masih setia menggunakan TWRP ZCX ini dan untuk fitur update OTA ini juga saya coba sendiri dan hasilnya work 100%.

Jadi apa kalian masih ragu? ya, semoga saja tidak hehehe. Untuk cara menginstall TWRP ini juga sangat mudah sekali tanpa ribet tinggal install dan tekan enter sampai selesai. Nah, baiklah langsung saja bagi kamu yang sudah tidak sabar ingin install TWRP dan rooting Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Kenzo) bisa mengikuti tutorial dibawah, tetapi sebelum itu pastikan kamu sudah memenuhi syarat yaitu sudah melakukan unlock bootloader, jika belum silahkan baca tutorial ➔ Cara unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Cara Memasang TWRP dan Root Xiaomi Redmi Note 3 Pro

  1. Download file TWRP ZCX 3.0.2-0 v1230 
  2. Turn off smartphone, kemudian masuk ke mode Fastboot dengan menekan tombol Power + Vol Down secara bersamaan.
  3. Hubungkan Xiaomi Redmi Note 3 Pro ke komputer atau laptop menggunakan kabel data.
  4. Kemudian ekstrak file TWRP ZXC tadi dan cari file Flash_nTu21.bat lalu klik 2x
  5. Dengan otomatis nanti akan muncul jendela CMD, untuk langkah selanjutnya tinggal tekan enter sampai tutorial berakhir.
  6. Jika sudah selesai nanti Xiaomi Redmi Note 3 Pro akan masuk otomatis ke menu TWRP.
  7. Biasanya nanti akan default berbahasa China, jadi kamu bisa mengubahnya ke bahasa inggris supaya lebih mudah dipahami.
  8. Setelah bahasanya ke English, silahkan atur pengaturannya supaya support OTA. Caranya pilih menu Setting pada bagian menu utama TWRP lalu centang "Support MIUI Increment OTA" dan "Disable Boot-System DM-Verify".
  9. Kalau ingin melakukan rooting, cara masuk Advanced pada bagian utama menu TWRP dan pilih SuperSU ➔ kemudian Swipe/geser ke kanan ➔ kalau proses sudah selesai pilih Reboot System.
  10. Selesai, kini Xiaomi Redmi Note 3 Pro kamu sudah bisa di oprek dengan bebas.
Bagaimana mudah bukan? Saya rasa penjelasannya sudah cukup jelas jadi kalau ada masalah silahkan saja komentar gan siapa tau saya bisa membantu. Demikian informasi mengenai cara root dan install TWRP pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca juga
  • Cara Mengembalikan 4G LTE Xiaomi Redmi Note 3 Pro Secara Permanen - Wait for update