2/24/2017

7 Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android

Cusrom OS | Dunia kian menyatu dengan internet. Hampir semua hal yang ada saat ini terkoneksi dengan internet, mulai dari sekolah, pekerjaan, bisnis, transportasi, dan sebagainya. Wajar saja jika kini internet menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Internet tak hanya memudahkan kita dalam menjalankan pekerjaan atau bisnis, tetapi juga mempermudah kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dalam memenuhi kebutuhan akan mengakses hiburan hingga informasi yang akurat.

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia terhadap internet, semakin besar pula tuntutan pengguna untuk memperoleh koneksi internet cepat. Jangan heran jika suatu hari menemukan pemandangan teman yang terlihat bete karena menunggu buffering saat nonton Youtube. Atau, melihat teman yang gelisah karena sudah download berjam-jam tapi tak kunjung kelar.


Berbicara tentang koneksi internet, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berapa di antaranya (yang paling sering dilakukan) dengan menggelontorkan dana lebih, misalnya untuk membeli smartphone paling mutakhir atau membeli router Wi-Fi. Namun, untuk kamu yang memiliki dana terbatas tak perlu khawatir. Beberapa trik sederhana ini bisa kamu lakukan untuk menaikkan kecepatan koneksi internet di Android kamu hingga 10 kali lipat meski dalam jaringan 3G sekalipun.

1. Nonaktifkan Gambar di Browser

Membuka gambar pada browser membutuhkan data yang tak sedikit sehingga membuat koneksi lebih lamban. Untuk mengantisipasi, kamu bisa menyiasatinya dengan menonaktifkan gambar pada saat browsing. Caranya, buka terlebih dahulu browser kamu (Google Chrome), pilih "titik tiga" untuk membuka Setting. Lalu, tekan Data Saver > Aktifkan Data Saver. Setelah data Saver diaktifkan, Google Chrome tak akan lagi menampilkan gambar pada saat kamu browsing atau koneksi internet lemah. Selain mempercepat koneksi, cara ini juga menghemat kuota.

2. Rajin Membersihkan Cache

Kamu mungkin sering merasa smartphone "berat" saat membuka aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Ini bisa terjadi karena Anda tak rajin membersihkan cache pada aplikasi. Cache yang dibiarkan terus menumpuk akan menyebabkan performa Android menjadi berat atau lemot. Karena itu, wajib melakukan pembersihan dengan cara masuk ke menu Setting, pilih Application, lalu pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan, lalu lakukan Clear Cache. Contoh: Setting > Application > Instagram > Clear Cache. Cara praktisnya, kamu juga bisa mengunggah aplikasi seperti Tap Cache Cleaner atau Clean Master.

3. Hapus Aplikasi yang Menyedot Data Besar

Kamu pasti sering menginstal beragam aplikasi tanpa memperhatikan ukuran datanya. Padahal banyak aplikasi yang menyedot koneksi internet secara besar, meskipun sedang tidak digunakan. Aplikasi seperti ini banyak ditemukan pada aplikasi dan game. Tak heran kalau koneksi internet kamu melemah, penyebabnya karena terdapat aplikasi yang "memakan" koneksi internet besar.

4. Pilih Operator Seluler yang Tepat

Tak kalah penting adalah memilih operator seluler yang mumpuni. Ada banyak pilihan operator seluler yang di Indonesia. Jika kamu menginginkan operator yang dapat mendukung koneksi internet cepat, kamu bisa memilih XL. Tahun ini XL fokus dalam memperkuat dan mempercepat jaringan 3G dan 4G. Bahkan, belum lama ini XL juga melakukan uji coba penerapan koneksi 4,5 G di wilayah Jabodetabek. Selain itu, XL juga memiliki banyak paket internet menarik yang memberikan bonus kuota hingga 40 GB, dijamin internetan bakal lebih lancar dan cepat. Untuk membeli paket internet XL, kamu bisa mengunjungi website Traveloka.com. Di situs Traveloka ini kamu bisa membeli pulsa dengan harga pas atau bahkan lebih murah.

5. Blokir Iklan

Kamu mungkin sering menemukan banyak iklan terpampang saat membuka aplikasi tertentu. FYI, iklan akan menyedot kuota internet kamu hingga 80 persen. Banyaknya iklan di web juga membuat koneksi internet melemah karena harus memuat data lebih banyak. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan blokir iklan dengan bantuan browser yang dibekali fitur Ad Blocker, seperti Opera Browser atau UC Browser. Namun jika kamu ingin memblokir semua iklan, kamu bisa memilih menggunakan AdAway. Sayangnya fitur ini mengharuskan kamu memiliki akses root.

6. Gunakan Tampilan Mobile

Membuka situs dengan tampilan desktop pada Android Anda jelas membuat koneksi internet melemah. Sebaiknya, atur tampilan pada pengaturan mobile. Caranya masuk ke menu Setting, pilih Advance, lalu User Agent. Pastikan User Agent pada pengaturan mobile, sehingga saat Anda membuka situs pada Android secara otomatis tampilan yang keluar akan menyesuaikan menjadi tampilan mobile.

7. Gunakan Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer

Cara ini dapat dilakukan jika Android kamu telah di-root. Dengan mengunduh aplikasi 3G/4G Speed Optimizer koneksi internet kamu akan menjadi lebih cepat hingga 200 persen! Dengan aplikasi ini kamu dapat memilih dan mengatur kecepatan koneksi internet sesuai kebutuhan. Selain aplikasi 3G/4G Speed Optimizer, masih ada banyak aplikasi lainnya untuk mempercepat koneksi internet. Silahkan baca artikel mengenai  Aplikasi Terbaik Untuk Mempercepat Koneksi Internet di Android.