2/06/2017

Cara Mengetahui Merek Memory SD Card Asli atau Palsu?

Cusrom OS | Cara Mengetahui Merek Memory MicroSD/SD Card/Mini SD Asli atau Palsu. Peran penyimpanan eksternal sangat penting sekali bagi kebutuhan smartphone apalagi penyimpanan internal smartphone yang tidak terlalu besar sehingga untuk menyimpan file musik, video, dan foto tidak mencukupi. Kebanyakan smartphone canggih sudah dilengkapi dengan slot kartu memori untuk menyimpan file tambahan, tetapi tak jarang juga smartphone canggih terbaru tidak menyertakan slot kartu memori sebab penyimpanan internalnya sudah dibekali dengan kapasitas yang cukup besar seperti iPhone dan Xiaomi Mi Note 2.

Dengan banyaknya perangkat elektronik yang membutuhkan memory card (Tak hanya perangkat smartphone) membuat banyak perusahaan yang mengembangkan bisnis pembuatan kartu memori, beberapa merek memory card populer adalah Sandisk, Samsung, dan V-Gen. Dimana ketiga merek populer tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Nah, yang menjadi masalah adalah kini banyaknya beredar kartu memori palsu, supercopy, atau KW yang mengatasnamakan merek tersebut sehingga kita terkecoh saat membeli oleh merek tersebut, tentunya hal tersebut sangat meresahkan dan merugikan kita sebagai pembeli.

Tak hanya rugi secara materi, menggunakan kartu memori yang tidak jelas keasliannya juga bisa-bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat eletronik. Untuk mengatasi keraguan Anda tentang memory card yang sedang Anda gunakan, kali ini saya akan membagikan tips membedakan kartu memori asli dan palsu dengan menggunakan aplikasi atau bisa juga dilihat dari fisiknya. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kartu memori asli dan palsu, Anda harus mengetahui beberapa jenis memory card yang populer digunakan.
  1. SD Card ⟶ Menurut yang saya ketahui ini bisa dibilang sebagai SD Card pertama. Ukuran kartu memori ini cukup besar daripada yang lainnya, SD Card juga banyak digunakan pada perangkat kamera dan juga HP zaman dulu ketika OS Symbian masih populer.
  2. Mini SD ⟶ Kartu memori jenis ini juga cukup populer di zaman dulu, biasanya digunakan pada perangkat pemutar MP3.
  3. Micro SD ⟶ Ini pastinya Anda sudah sangat familiar, di zaman sekarang ini kebanyakan smartphone menggunakan slot micro SD sebagai tempat penyimpanannya.
Baiklah, jika Anda sudah mengetahui jenis-jenis SD Card tersebut, kini berlanjut ke topik utama yaitu membedakan merek SD Card asli atau palsu.

#1 Perhatikan Secara Fisik

Secara fisik dan fungsinya SD Card yang asli dan palsu tidak jauh beda hanya saja ketika digunakan lama-kelamaan SD Card palsu akan cepat mengalami penurunan performa, seperti tranfer data yang mulai lambat, data mengalami corrupt, sering tidak terbaca oleh perangkat smartphone dan biasanya meminta format sendiri.

Nah, untuk membedakan SD Card asli dan palsu adalah dengan cara mengecek apakah tulisan merek tersebut dicetak di bagian permukaannya atau menggunakan sticker. SD Card asli biasanya memiliki tulisan merek misalnya Sandisk Ultra, Samsung, V-Gen dibagian permukaannya, bukan tempelan sticker. Meskipun jika menggunakan sticker, tetap saja biasanya dibalik sticker tersebut tercetak secara permanen tulisan nama merek SD Card.

#2 Membedakan SD Card Asli dan Palsu Menggunakan Aplikasi SD Insight

Cara mengetahui kartu memori asli atau palsu berikutnya adalah dengan bantuan aplikasi SD Insight, aplikasi ini terbilang sangat ampuh digunakan untuk mengecek keaslian SD Card. Dimana aplikasi SD Insight akan bekerja mengecek informasi SD Card yang Anda gunakan dan mecocokan dengan data yang ada pada kemasan waktu membelinya. Perhatikan tanggal pembuatan SD Card dan tanggal produksinya, jika tidak sesuai pada kemasan yang Anda dapat maka keasliannya perlu dipertanyakan.


Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan nomor serial dan modelnya, menariknya pada aplikasi SD Insight ini jika kartu memori yang Anda gunakan palsu maka aplikasi tersebut tidak dapat membaca data informasi kartu memori yang Anda gunakan. Namun bisa juga kalau merek kartu memori Anda belum terdaftar, tetapi alangkah baiknya demi keamanan dan kenyamanan kita harus menggunakan SD Card yang terdaftar, bukan?
  1. Pertama download aplikasi SD Insight di Google Play.
  2. Setelah terinstall, jalankan aplikasinya kemudian mulai untuk mengecek.
  3. Silahkan amati dengan baik-baik, jika data yang ditampilkan sama dengan kemasan maka Anda bisa sedikit bernafas lebih lega.
Jika Anda hendak mau membeli Micro SD Card, Mini SD Card, atau SD Card untuk berjaga-jaga supaya Anda tidak mendapatkan kartu memori palsu, maka Anda harus bertanya terlebih dahulu kepada penjualnya tetapi Anda juga harus jelih dalam bertanya supaya tidak tertipu. Kalau si penjual menawarkan harga yang murah, Anda harus sedikit berhati-hati dan meminta garansi setidak minimal 1 bulan.

Baca juga:
Sebab kartu memori sangat penting dalam menyimpan moment-moment berharga jadi tidak lucu kalau data berharga Anda hilang gara-gara salah memilih kartu memori. Demikian informasi tentang cara mengetahui merek SD Card asli atau palsu yang dapat saya sampaikan, perlu diingat bahwa ciptaan manusia tidak ada yang sempurna, jangan menjadikan ini sebagai patokan secara penuh untuk membedakan SD Card asli atau palsu. Tetap berhati-hati, semoga bermanfaat...!!!