2/07/2017

Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi di Xiaomi Semua Tipe

Cusrom OS | Cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi di Xiaomi. Fingerprint merupakan teknologi yang sudah cukup lama ada, namun teknologi ini baru-baru saja diterapkan pada smartphone canggih. Smartphone yang menggunakan fingertprint atau sidik jari ini memiliki daya tarik tersendiri bagi penggunanya sebab fitur ini dapat menjaga smartphone dari tangan orang jahil, untuk bisa membuka keamanan tersebut tentunya harus dibuka oleh sang pemilik sidik jari jadi tidak bisa sembarangan orang lain dapat membuka keamanan tersebut.

Lalu bagaimana jika suatu saat fingerprint tersebut tidak berfungsi atau error? Sebagai pengguna smartphone yang memiliki fitur fingerprint, mungkin hal tersebut tidak membuat mereka khawatir karena ada cadangan lain untuk membuka smartphone yaitu PIN, Pola, Sandi. Tapi masalahnya adalah fitur fingerprint lebih simpel dan tidak ribet kalau ingin membuka smartphone, cukup meletakkan jari ke sensor fingerprint sudah bisa membukanya dalam hitungan detik saja.

Salah satu smartphone yang menggunakan sensor fingerprint adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro, smartphone ini memiliki banyak peminatnya sebab spesifikasi yang dibekali ponsel ini cukup gahar dengan harganya yang terjangkau. Selain dibekali dapur pacu yang ganas, Xiaomi Redmi Note Pro juga memiliki kamera utama sebesar 16 MP dan kamera depan sebesar 5 MP, mungkin inilah yang membuat kebanyakan orang tertarik dengan Xiaomi Redmi Note 3 Pro.


Selain smartphone Android Xiaomi Redmi Note 3 Pro, smartphone Xiaomi lainnya yang menggunakan fingerprint scanner adalah Xiaomi Mi Mix, Xiaomi Mi Note 2, Xiaomi Redmi Pro, Xiaomi Redmi 4, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Mi 5, Xiaomi Redmi 3x, dan lainnya. Sebagai perangkat elektronik tentunya suatu saat akan mengalami kerusakan atau error, sesuai judul yang akan kita bahasa disini adalah sensor fingerprint yang tidak berfungsi atau error.

Baca juga:
Penyebab tidak berfungsinya fingerprint disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya sistem mengalami error, bugs pada ROM MIUI yang masih belum stabil, dan memang sensor fingerprint mengalami kerusakan. Sebelum Anda membawanya ke service center lebih baik Anda mencoba memperbaikinya sendiri dengan mengikuti tips dibawah ini.

#Restart System Xiaomi

Langkah awal yang bisa Anda tempuh adalah dengan melakukan restart atau reboot system dengan cara menekan tombol power beberapa detik, hal ini bertujuan untuk menyegarkan kembali kinerja ponsel ketika dalam keadaan hang atau error. Meskipun cara ini terlihat sudah terlalu umum, tapi apa salahnya untuk dicoba.

#Flash ROM Distributor ke Global

Berikutnya adalah dengan melakukan flashing ROM distributor atau yang biasa disebut ROM abal-abal ke ROM resmi Global stable. Seperti yang kita ketahui, bahwa ROM distributor memiliki banyak kekurangan seperti banyak bloatware, iklan yang tiba-tiba muncul dan menganggu, tidak stabil, dan tidak akan pernah mendapatkan update MIUI versi terbaru. Bagi Anda yang tidak mengetahui apa itu ROM Distributor bisa membaca artikel "Perbedaan ROM Distributor dan ROM Global Stable"

#Update ROM MIUI ke Versi Terbaru

Jika Anda sekarang masih menggunakan ROM MIUI 7 dan bisa dibilang memiliki problem maka lebih baik Anda update ke ROM versi terbaru misalnya MIUI 8. Update ROM ini bertujuan untuk memperbaiki bugs dan ROM versi terbaru memiliki fitur-fitur baru yang telah ditambahkan oleh pihak Xiaomi. Perlu diingat, bahwa beberapa ponsel Xiaomi kalau di update ke MIUI versi terbaru Global stable untuk lokasi Indonesia pengaturan 4G LTE nya di lock jadi Anda harus mengetahui informasi mengenai ROM Xiaomi terlebih dahulu.

Jika semua cara telah Anda coba dan masih belum berhasil juga berarti bisa dikatakan sensor fingerprint mengalami kerusakan, maka dari itu Anda perlu membawanya ke service center terdekat, Hanya itulah informasi mengenai cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi atau error di smartphone Xiaomi semua tipe yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.