1/21/2017

3 Langkah Mudah Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Aplikasi

Cusrom OS | 3 langkah mudah kalibrasi baterai HP Android tanpa aplikasi. Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam perangkat elektronik seperti gadget khususnya smartphone Android. Jika daya pemakaian baterai bermasalah misalnya cepat habis tentunya penggunaan smartphone akan semakin cepat juga dan hal tersebut membuat pengguna kurang puas saat menggunakan smartphone. Meskipun kapasitas daya baterai Anda cukup besar kalau pemakaian atau waktu cara pengisian daya buruk juga akan menyebabkan kesehatan atau performa baterai menurun.

Masalah yang sering dialami pengguna adalah saat sudah melakukan pengisian penuh lalu ketika di restart saat kembali dinyalakan ternyata daya baterai tinggal setengah atau berkurang banyak. Tak hanya itu saja, baterai juga cepat berkurang padahal hanya digunakan untuk aktifitas sederhana saja. Tidak sedikit pengguna yang menyangka bahwa hal tersebut disebabkan karena baterai yang sudah rusak dan ingin menggantinya baru lagi? No! tidak semua hal tersebut diakibatkan karena baterai yang rusak. Lanjut baca kebawah lagi dulu gan!!!

Baca juga:
Jika Anda menyadari bahwa kinerja atau performa baterai mulai menurun maka Anda perlu melakukan kalibrasi baterai. Kablibrasi baterai ini berfungsi untuk menyehatkan kembali performa baterai HP Android yang bermasalah seperti diatas atau untuk menormalkan kembali statistik data baterai yang error. Sebelum melakukan kalibrasi baterai, ada baiknya Anda cek terlebih dahulu apakah baterai dalam keadaan fisik normal atau tidak, jika baterai menggelembung maka itu adalah kerusakan fisik jadi percuma saja kalau di kalibrasi.


Baiklah, disini saya akan membagikan tips atau cara kalibrasi baterai HP Android yang baik dan benar. Cara ini bisa Anda coba tanpa menggunakan aplikasi atau tanpa harus melakukan root, meskipun terbilang tips yang sederhana namun cara ini cukup ampuh untuk mengatasi baterai HP yang bermasalah. Ini dia, 3  langkah mudah kalibrasi baterai HP Android.

3 Langkah Mudah Kalibrasi Baterai HP Android

  1. Charge HP Android dalam keadaan ON hingga penuh atau sampai indikator 100%. Setelah penuh, lepaskan HP dari charger dan matikan HP.
  2. Dalam keadaan HP Android off, charge kembali HP Anda dan tunggu sampai benar-benar penuh 100%. Jika sudah penuh, nyalakan HP.
  3. Setelah menyala, gunakan terus HP Android Anda hingga daya baterai habis alias 0% dan biarkan HP sampai mati sendiri. Jika HP sudah mati, charge lagi sampai daya penuh.
Jika semua langkah sudah Anda lalukan maka proses kalibrasi baterai sudah selesai, cara ini bisa Anda terapkan pada semua merk smartphone seperti Samsung, Asus, Lenovo, Xiaomi, Vivo, Oppo, Sony, Evercoss, Acer, Huawei, dan lain sebagainya. Selamat mencoba...!!!