12/04/2016

Cara Mengembalikan IMEI di HP Android Tanpa Root via EngineerMode

Cusrom OS | Cara mengembalikan IMEI hilang di HP Android tanpa root via EngineerMode. Bagi Anda yang belum tau, IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, dimana IMEI sangat penting sekali pada perangkat smartphone ataupun handphone Android, nomor IMEI biasanya terdiri dari beberapa digit angka yaitu 15-16 angka.

Untuk mengetahui nomor IMEI Anda bisa menggunakan beberapa cara seperti melihatnya di balik baterai, masuk ke menu Settings > About phone > Status, dan mengetikkan kode *#06#. Setiap HP pasti mempunyai kode IMEI baik itu HP murah atau mahal, merek terkenal ataupun lokal, dan Android atau bukan semua pasti memiliki kode nomor kode IMEI yang berbeda-beda.

Dalam beberapa kasus ternyata nomor IMEI bisa hilang karena disebabkan beberapa faktor misalnya habis bootloop lalu sudah di flashing, melakukan hard/factory reset, dan upgrade atau downgrade OS. Jika IMEI hilang biasanya akan muncul notifikasi invalid IMEI atau IMEI tidak valid sehingga HP Android tidak mendapatkan jaringan yang membuat HP tidak bisa melakukan panggilan telepon, SMS, maupun internet.

Baca juga:
Lalu bagaimana cara mengatasi IMEI Tidak valid, IMEI Invalid, atau IMEI : Null di Android? Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa mencoba tutorial yang akan saya bagikan, cara ini mungkin bisa Anda coba pada semua HP Android seperti Samsung, Lenovo, Smartfren Andromax, Asus Zenfone, LG, Evercoss, Xiaomi, Mito, Advan, Oppo, Acer, Infinix, dan merek HP Android lainnya. Baiklah, berikut cara memperbaiki IMEI yang hilang di Android menggunakan metode EngineerMode.

Cara Mengembalikan atau Merubah IMEI di Android

  1. Ketik tombol dial berikut *#*#3646633#*#* atau *#7465625#. Silahkan dicoba salah satu yang cocok dengan HP Anda.
  2. Jika berhasil maka nanti akan masuk ke EngineerMode.
  3. Kemudian pilih menu diatas Conectivity dan pilih CDS Information.
  4. Berikutnya pilih Radio Information.
  5. Selanjutnya pilih Phone 1 untuk mengembalikan IMEI pada SIM 1, silahkan ketikkan perintah dibawah ini.
    - AT+EGMR=1,7,"IMEI SIM 1"
    - Contoh AT+EGMR=1,7,"358916028096004"
    - Kemudian klik SEND AT COMMAND nanti akan muncul notifikasi "AT command is sent".
  6. Untuk mengembalikan IMEI pada SIM 2 pilih Phone 2 dan ketikkan perintah dibawah ini.
    AT+EGMR=1,10,"IMEI SIM 2
    - Contoh AT+EGMR=1,10,"358916028096012"
    - Kemudian klik SEND AT COMMAND nanti akan muncul notifikasi "AT command is sent"
  7. Langkah terakhir restart atau reboot HP Android.
  8. Setelah menyala, coba cek IMEI Android dengan cara dial *#06# 
  9. Selesai.
Note: Jika gagal dalam mengirim IMEI atau masih belum berhasil, berikan spasi setelah AT. Jika tutorial diatas tidak menggunakan spasi setelah AT contoh AT+EGMR maka Anda ubah menjadi AT ini kasih spasi +EGMR

Perlu diingat bahwa yang di beri spasi hanya setelah AT untuk yang lainnya tidak usah. Nah, sekian dulu dari saya mengenai artikel cara mengembalikan IMEI yang hilang, IMEI Tidak valid, IMEI Invalid, atau IMEI : Null di Android. Semoga bermanfaat.