12/19/2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti di Android

Cusrom OS | Pada kesempatan kali ini saya akan membahas permalasahan atau keluhan yang sering dialami pengguna Android. Sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh smartphone di dunia membuat pengguna Android sering mendapatkan keluhan tentang sistem software maupun hardware. Nah yang akan kita bahas disini adalah pada sistem software misalnya aplikasi Android yang tiba-tiba berhenti, tidak merespon, minta tutup, keluar sendiri, tidak menanggapi atau bisa disebut force close. Sebagai pengguna tentunya Anda tidak nyaman apabila notifikasi tersebut muncul, maka dari itu disini saya akan mencoba mengatasi masalah tersebut.

Saya sendiri sebagai pengguna HP Android tentunya pernah mengalami hal tersebut bahkan sering terjadi, biasanya yang sering muncul adalah ketika membuka aplikasi populer seperti BBM, WhatsApp, Clash of Clans, Google Play, Kamera, Gallery dan berbagai macam aplikasi populer lainnya. Tak jarang juga muncul notif seperti ini "Unfortunately the process com.android.phone has stopped" atau dalam bahasa indonesia adalah "Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti" aduuh semakin bingung tujuh keliling. Sebagai pengguna Android yang aktif tentunya saya tidak tinggal diam saja dan mencoba mencari informasi penyebab dan cara mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri.


Dalam beberapa referensi saya menemukan beberapa penyebab aplikasi Android yang tiba-tiba berhenti, sebagai berikut:

Penyebab Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

1. RAM Android Penuh

Salah satu penyebab aplikasi yang keluar sendiri adalah RAM Android yang penuh, hal ini mungkin karena spesifikasi yang dibawa HP Anda kurang mumpuni misalnya HP Android Anda masih menggunakan RAM 512 MB apalagi dibawahnya jadi jangan heran apabila notifikasi "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti" sering muncul. Selain itu Anda terlalu banyak menginstall aplikasi apalagi aplikasi tersebut selalu aktif dibalik layar atau background
2. Menumpuknya File Cache

Penyebab berikutnya adalah menumpuknya file sampah pada Android, ketika file cache atau sampah dalam HP menumpuk akan menyebabkan kinerja Android menjadi lemot. Nah ketika Android lemot maka sistem pada HP akan meningkat sehingga menyebabkan tidak kuatnya beberapa sistem menahan beban tersebut.

3. Aplikasi Masih BETA

Apa itu aplikasi masih BETA? Maksudnya adalah aplikasi yang Anda install masih dalam tahap uji coba sehingga masih banyak bugs atau kekurangan bisa juga disebut belum stabil. 

4. Aplikasi Tidak Kompatibel Dengan Android

Aplikasi yang kurang kompatibel juga kemungkinan menyebabkan force close pada aplikasi, misalnya aplikasi yang ingin Anda tersebut memiliki rekomendasi Android 5.0 Lollipop sedangkan HP Anda masih Android 4.4 KitKat sehingga performa aplikasi tidak berjalan dengan baik. Apalagi Anda suka mengunduh file aplikasi selain di Google Play.

5. Koneksi Internet Terputus

Sebenarnya saya tidak ingin memasukkan faktor ini kedalam daftar, namun koneksi internet terputus ternyata juga bisa dibilang dapat mempengaruhi aplikasi yang sering keluar, gak percaya? Ketika Anda sedang asyik menggunakan aplikasi atau games yang membutuhkan internet seperti Clash of clans, Clash Royale atau lainnya pasti ketika internet off maka aplikasi tersebut akan memunculkan notifikasi yang mengharuskan Anda untuk keluar dan mengulanginya lagi.

6. Data Aplikasi Corrupt

Data aplikasi corrupt sudah pasti menyebabkan error pada saat menjalankan aplikasi tersebut, hal ini sering terjadi pada pengguna Android yang suka mengunduh games obb data diluar Play store misalnya disitus penyedia APK.

7. Hardware HP Sudah Tua

Saat pertama membeli smartphone pastinya masih sangat cepat dan tangguh untuk menjalankan berbagai macam aplikasi namun lama kelamaan dimakan usia tentunya hardware pada smartphone mengalami penurunan performa, jadi jika smartphone Android sobat sudah tua jangan heran apabila sering munculnya aplikasi yang tidak menanggapi pada Android.

Itulah beberapa penyebab aplikasi Android yang berhenti tiba-tiba, nah dari masalah tersebut sebenarnya sudah bisa ditebak bagaimana cara untuk mengatasinya. Supaya lebih jelas lagi mari kita bahas bersama-sama.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

1. Restart HP Android

Ketika muncul notifikasi has stopped maka langkah awal yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan restart atau me-reboot HP Android. Hal ini bertujuan untuk menyegarkan kembali HP Android ketika dalam keadaan panas yang menyebabkan aplikasi yang tiba-tiba berhenti secara mendadak.

2. Hapus Cache Aplikasi

Setelah HP Android menyala maka lakukan penghapusan file sampah pada aplikasi yang bermasalah, untuk cara manualnya silahkan Anda menuju Pengaturan ⟶ Aplikasi ⟶ Terunduh ⟶ kemudian cari aplikasi yang bermasalah lalu cari opsi "Hapus Cache". Untuk cara otomatisnya Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Clean Master, CCleaner, atau aplikasi lainnya yang dikhususkan untuk menghapus file cache.

3. Update Aplikasi ke Versi Stabil atau Terbaru

Jika sekarang ini Anda masih berada di aplikasi versi beta maka Anda harus menunggu ke versi stabil dulu, jika sudah tersedia maka segera lakukan update aplikasi beta tersebut ke versi stabil yang telah disediakan developer.

4. Hard Reset atau Flashing Ulang (Beresiko)

Sebenarnya cara ini cukup beresiko namun cara ini juga terbilang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada sistem software Android. Perlu diingat, jika hanya aplikasi tertentu saja yang suka menutup sendiri atau force close maka Anda tidak direkomendasikan menggunakan cara ini sebab cara ini diperuntukkan hanya untuk HP Android yang bermasalah sangat parah pada software nya, misalnya banyak aplikasi yang tiba-tiba berhenti atau force close secara terus menerus.

Kenapa beresiko? karena cara ini bisa menghapus semua data maupun pengaturan yang telah tersimpan jadi sangat disarankan Anda untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum mempraktikkan cara ini. Jika Anda mencari tutorial hard reset ataupun flashing, disitus ini juga menyediakan tutorial tersebut jadi Anda tidak perlu susah payah mencarinya. Jika model atau tipe HP anda tidak tersedia silahkan request nanti segera saya buat artikelnya.

Baca juga:
Sekian saja dari saya mengenai artikel penyebab dan cara mengatasi "sayangnya, aplikasi telah berhenti" jika ada masalah lainnya bisa bertanya dikolom komentar mungkin saya bisa membantu masalah sobat. Semoga bermanfaat.