12/11/2016

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri Terus Menerus Tidak Bisa Masuk Homescreen

Cusrom OS | Cara mengatasi HP restart sendiri terus menerus tidak bisa masuk homescreen. Berbagai macam jenis merek smartphone Android seperti Samsung Galaxy, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, Smartfren Andromax, Evercoss, Infinix, Advan, Mito, Sony Xperia, Oppo, LG, Acer, dan merek smartphone Android lainnya pasti memiliki kelemahan baik di hardware maupun software. Namun yang paling dialami pengguna adalah pada sisi software sebab Android merupakan sistem operasi yang bersifat umum sehingga apa saja bisa terjadi pada sistem operasi yang satu ini.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah HP Android yang sering restart sendiri dan terkadang tidak bisa masuk ke menu utama, lantas apa penyebabnya? HP Android yang restart sendiri biasanya terjadi akibat panasnya suhu di dalam hardware sehingga terjadi (Overheat), tidak pernah di istirahatkan, bermain game berat HD, crash software atau aplikasi, dan penurunan performa pada hardware. Kalau itu sih masih mending menurut saya, tapi kalau yang sudah tidak bisa masuk ke menu utama atau homescreen ini yang baru membuat kita sangat khawatir dan panik.

Kasus ini berbeda dengan HP yang restart sendiri, sebab HP yang restart terus menerus dan tidak bisa masuk ke homescreen ini biasanya disebut bootloop. Apakah penyebab bootloop sama dengan HP yang restart sendiri? Kalau menurut saya sih tidak terlalu beda, namun bootloop ini penyebab utamanya adalah kerusakan pada software di didalamnya dan hal ini diakibatkan oleh ulah pengguna sendiri yang sering melakukan oprek pada Androidnya. Misalnya melakukan root, mengedit file system, melakukan custom rom, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan modifikasi sistem.

Namun penyebab bootloop tentunya bukan hanya disebabkan oleh ulah pengguna saja tetapi ada juga yang disebabkan oleh beberapa faktor lain sehingga menyebabkan kerusakan pada software seperti terinfeksi virus, menggunakan aplikasi berbahaya, dan faktor lainnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi semua masalah tersebut yang tepat dan benar? Baiklah, berikut tips yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi HP Android yang sering restart sendiri tanpa ditekan power dan mengatasi HP Android tidak bisa masuk menu homescreen alias bootloop.

Cara Mengatasi HP Android Restart Secara Tiba-tiba

#1 Menghapus File Cache.

Semakin menumpuknya file sampah atau cache membuat sistem pada Android semakin berat sehingga dapat juga membuat Android menjadi lemot. Jika pada saat menjalankan aplikasi ataupun game berat Android mengalami lemot biasanya sistem akan bekerja secara meningkat sehingga hardware di dialamnya membuat HP menjadi panas. Nah kalau sudah panas ini bisa terjadi Overheat, kalau sudah terjadi hal tersebut kemungkinan akan terjadi reboot atau restart sendiri secara paksa untuk menyegarkan kondisi Android.

Anda dapat menghapus file cache pada Android secara manual caranya pergi menuju Setting ⇨ Application ⇨ All ⇨ kemudian cari aplikasi yang ingin Anda hapus file sampahnya lalu tap tombol Clear cache. Jika Anda tidak mau ribet melakukan hal tersebut satu persatu, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti Clean Master. Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa menghapus semua file cache pada aplikasi yang terinstall secara otomatis dan cepat.

#2 Hapus Aplikasi Yang Tidak Berguna.


Mungkin pada saat dulu Anda membutuhkan aplikasi tertentu untuk membantu pekerjaan Anda, setelah pekerjaan tersebut telah selesai Anda membiarkan aplikasi tersebut terinstall di HP. Nah daripada membuat sesak pada penyimpanan internal apalagi aplikasi tersebut berjalan di background sehingga memakan RAM alangkah baiknya Anda menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Meskipun hal tersebut terlihat sepele tapi hal tersebutlah yang juga terkadang membuat HP tiba-tiba restart sendiri.

#3 Upgrade atau Downgrade Sistem Android.


Jika sebelumnya Anda menggunakan sistem Android versi lama dan sudah bosan sehingga Anda ingin melakukan upgrade ke versi terbaru, misalnya dari Android Lollipop ke Marshmallow. Nah pada saat di sistem Android Lollipop Anda tidak pernah mengalami masalah apapun seperti HP tiba-tiba restart sendiri ataupun sebagainya dan ketika berada di sistem operasi Android Marsmallow, HP Anda malah mengalami masalah HP sering restart sendiri, hal inilah yang perlu Anda curigai .

Mungkin pada sistem operasi 6.0 tersebut masih mengandung bug dan masih belum stabil performanya sehingga menyebabkan masalah pada HP. Maka untuk mengatasi hal tersebut tentu Anda harus mengembalikan ke posisi semula yaitu melakukan downgrade atau menurunkan versi sistem operasi Android ke versi sebelumnya. Sedangkan jika Anda mempunyai masalah pada versi Android lawas maka Anda perlu melakukan upgrade sistem operasi ke terbaru untuk meningkatkan performa yang lebih baik.

#4 Unroot HP Android Yang Sudah di Root.


Jika Anda tidak mau mengalami masalah pada HP kesayangan Anda, lebih baik Anda melakukan unroot jika sebelumnya pernah melakukan rooting. Salah satu penyebab HP Android yang tiba-tiba mati atau restart adalah root, karena jika HP Android pernah di root sistem keamanan akan berkurang sehingga berbagai macam ancaman bisa masuk ke HP. Untuk melakukan hal ini Anda bisa mencari referensi unroot susai dengan model smartphone yang Anda miliki.

#5 Factory Reset HP Android.


Jika semua cara diatas masih belum berhasil, Anda masih bisa mencoba melakukan reset ke pengaturan pabrik, dimana cara ini membuat HP Anda berada pada posisi awal ketika baru membeli sehingga aplikasi yang terinstall maupun data di dalamnya akan terformat. Maka dari itu sebelum melakukan cara ini, ada baiknya Anda melakukan backup data-data penting yang tersimpan di ponsel ke laptop atau media lainnya. Untuk melakukan factory reset, Anda bisa menuju Setting ⇨ Backup & Reset ⇨ Factory Data Reset, lalu pilih Reset Phone.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Cara ini mungkin bisa Anda coba juga jika cara diatas belum bisa mengatasi permasalahan HP Android sobat. Sebab cara mengatasi HP Android bootloop ini paling ampuh untuk menangani segala masalah yang terjadi pada sistem software Android.

#1 Hard Reset HP Android.


Dimana hard reset dengan Factory reset ini fungsinya sama yaitu untuk mereset HP ke pengaturan pabrik, namun hard reset ini dilakukan menggunakan kombinasi tombol-tombol sebab jika HP Android bootloop itu tidak bisa masuk ke menu homescreen sehingga hard reset ini sangat berguna sekali. Untuk mengatasi HP Android bootloop atau tidak bisa masuk ke menu utama cara yang paling sederhana yang bisa Anda coba adalah melakukan hard reset. Untuk melakukan hard reset biasanya smartphone memiliki kombinasi tombol yang berbeda-beda maka dari itu sesuaikan dengan model atau tipe smartphone.

Anda bisa menuliskan cara hard reset sesuai model smartphone di kolom pencarian CusromOS.com karena disana saya juga menyediakan tutorial hard reset. Jika model smartphone Anda tidak ditemukan, Anda bisa request di menu Hubungi Kami via Fanspage nanti akan segera saya buat artikel hard reset sesuai request yang Anda minta.

#2 Cara Paling Ampuh Dengan Flashing Ulang Firmware.


Sesuai dengan apa yang saya sampaikan tadi, bahwa cara inilah yang paling ampuh untuk mengatasi segala sesuatu yang terjadi pada permasalahan software Android. Sebagai cara yang paling ampuh, cara ini juga bisa dibilang mudah-mudah susah untuk dilakukan, untuk melakukan flashing juga dilakukan sesuai jenis perangkat yang Anda miliki. Maka dari itu untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung mencari referensi tentang tutorial flashing HP Anda. Seperti saya jelaskan di cara nomor #1 Hard reset, Anda bisa menggunakan fitur pencarian dan jika tidak ada Anda bisa juga request.

Baca Juga:
Itulah informasi mengenai smartphone Android yang sering restart terus menerus dan tidak bisa masuk ke menu homescreen pada berbagai perangkat Samsung Galaxy, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, Smartfren Andromax, Evercoss, Infinix, Advan, Mito, Sony Xperia, Oppo, LG, Acer, dan merek smartphone Android lainnya yang dapat saya sampaikan. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan berkomentar saja dibawah, semoga bermanfaat.