11/08/2016

6 Tips Menghemat Kuota 4G Supaya Tidak Boros di Android

Cusrom OS | Tips menghemat kuota 4G supaya tidak boros di Android. Siapa sih yang masih belum menggunakan jaringan tercepat saat ini yaitu teknologi 4G LTE? Mungkin kebanyakan orang sudah menggunakannya dan sebagian orang masih bertahan di jaringan 3G maupun jaringan tekonologi dibawahnya. Smartphone Android keluaran terbaru pun sudah mengadopsi jaringan tersebut supaya pengguna dapat menjelajahi internet dengan sangat cepat dan nyaman.

Memang kecepatan jaringan dari teknologi 4G ini sangat cepat namun disisi lain tentu teknologi ini memiliki kekurangan yaitu yang paling sering dialami penggunanya adalah cepat habisnya paket data atau kuota internet. Pasti hal tersebut membuat dompet kamu jebol untuk membeli paket data terus menerus, namun kamu juga bisa menghemat kuota 4G tersebut supaya tidak cepat habis dengan mengikuti tips dibawah ini.


#1 Matikan Sinkronisasi

Cara yang pertama untuk menghemat kuota 4G kamu adalah dengan menonaktifkan automatic sync atau mematikan sinkronisasi. Selain digunakan untuk browsing, penggunaan data 4G juga dapat cepat habis jika semua aplikasi yang membutuhkan koneksi internet aktif secara bersamaan. Maka dari itu cara sederhana untuk menghemat data 4G adalah mematikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang jarang digunakan misalnya seperti aplikasi Gmail.

#2 Nonaktifkan Auto Update

Didalam smartphone Android kita pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama Google Play, dimana aplikasi tersebut menyediakan jutaan aplikasi maupun games untuk pengguna Android. Pada pengaturan default aplikasi tersebut Google Play mengharuskan penggunanya untuk melakukan update aplikasi secara otomatis jika terdapat aplikasi yang telah diperbarui oleh pengembangnya.

Dengan adanya fitur otomatis update tersebut tentu kuota 4G kita akan lenyap dalam sekejap, bayangkan saja jika ada games dengan ukuran 1GB lebih melakukan update secara otomatis? Untuk mengatasi hal tersebut untungnya Google juga memberikan keleluasaan penggunanya untuk menonaktifkan fitur tersebut. Bagi kamu yang bingung untuk menonaktifkan fitur tersebut, silahkan baca artikel mengenai cara menonaktifkan auto update di Google Play.

#3 Gunakan Browser Yang Hemat Data

Bagi kamu yang suka berselancar di dunia internet, pastinya kamu tidak akan terlewatkan dengan aplikasi browser. Mayoritas pengguna Android memilih menggunakan browser milik Google yaitu Google Chrome, dimana aplikasi ini memiliki banyak kelebihan serta fitur yang melimpah.  Di dalam browser ini kamu akan menemukan fitur "Data Saver" yang berguna untuk menjelajahi dunia internet dengan lancar dan hemat kuota. Google Chrome diklaim mampu menghemat kuota internet hingga 50%.

Selain Google Chrome, mayoritas pengguna Android juga mem-favoritkan Opera Mini untuk digunakan berselancar di dunia internet. Opera mini ini cukup ringan serta dapat berjalan sangat baik meskipun dalam keadaan jaringan internet yang cukup lemot.

#4 Perhatikan Data Usage Warning

Saat pertama kali diperkenalkan, sistem operasi Android KitKat ini sudah dibekali fitur "Data Usage Warning" dan kini hampir semua smartphone Android sudah memiliki fitur tersebut. Dengan adanya fitur tersebut pengguna dapat mengetahui apabila penggunaaan kuota internet mendekati batas yang telah diatur sebelumnya.

#5 Fitur "Restrict Background Data"

Tips berikut ini sebenarnya tidak beda jauh dengan tips nomor pertama yaitu mematikan aplikasi jika sudah tidak digunakan lagi. Namun bedanya disini adalah aplikasi yang di nonaktifkan tidak bakal memunculkan notifikasi apapun saat tidak digunakan.

#6 Update Aplikasi Saat Terhubung WiFi

Cara yang terakhir untuk menghemat kuota internet 4G adalah memanfaatkan jaringan WiFi. Jika kamu ingin memperbarui aplikasi dengan ukuran besar maka tidak ada salahnya kamu pergi ke tempat yang terdapat jaringan WiFi. Dengan begitu kamu akan menghemat kuota 4G kamu untuk keperluan lain yang lebih penting. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur update secara otomatis apabila sedang terhubung dengan WiFi.

Baca juga:
Bagaimana, apakah sobat tertarik menggunakan tips atau cara menghemat kuota 4G di Android tersebut? Jika sobat mempunyai tips yang lebih ampuh, sobat bisa merekomendasikannya ke saya dengan berkomentar dibawah nanti akan saya masukkan kedalam artikel diatas. Nah, demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.