3/12/2017

Exynos vs Qualcomm Snapdragon, Manakah yang Terbaik?

Cusrom OS | Exynos vs Qualcomm Snapdragon. Processor merupakan bagian paling penting dalam komponen sebuah smartphone khususnya perangkat Android sebab prosesor adalah otak untuk menjalankan semua komponen pada perangkat smartphone. Oleh karena itu, smartphone membutuhkan prosesor yang terjamin performanya dan kualitasnya. Berbagai banyak macam merk processor yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi, namun yang paling populer adalah MediaTek, Exynos dan Snapdragon. Ketiga prosesor tersebut banyak kita jumpai pada smartphone Android sekarang ini.

Sebagai perusahaan pengembang prosesor mereka saling berlomba-lomba untuk menciptakan prosesor yang mutakhir dan tentunya tercanggih. Lantas manakah processor yang terbaik menurutmu? Sebelumnya saya telah membahas kualitas Snapdragon vs MediaTek. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kualitas Exynos vs Snapdragon. Bagaimana penasaran manakah yang terbaik Exynos atau Snapdragon? Baiklah, ini dia perbandingan kualitas Exynos vs Snapdragon.

Exynos


Exynos dikenal sebagai prosesornya orang kaya sebab prosesor ini kebanyakan digunakan pada perangkat smartphone flagship dengan harga mahal. Exynos adalah prosesor yang sangat tangguh dan dilengkapi berbagai kelebihan serta dukungan fitur yang cukup bagus. Prosesor ini dikembangkan oleh pabrikan smartphone terkenal yaitu Samsung, jadi tidak heran kalau Exynos memiliki kemampuan yang terjamin kualitasnya. Produk Samsung sendiri yang menggunakan chipset dari prosesor ini adalah Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy Note 7.

Diantara keunggulan Exynos ini adalah mampu mengoptimalkan kinerja baterai supaya tetap bertahan lama serta dukungan pengolahan grafik yang tinggi. Sedangkan pada sisi kelemahan mungkin Exynos hampir tidak memilikinya, hanya saja harganya yang lebih mahal daripada merk prosesor lainnya membuat Exynos hanya bisa dinikmati oleh pengguna berdompet tebal saja.

Snapdragon


Qualcomm Snapdragon adalah jenis prosesor yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan smartphone Android sebab Snapdragon memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, Qualcomm Snapdragon bermain untuk semua kalangan baik itu kalangan bawah, menengah, dan keatas sehingga prosesor ini laris manis dipakai oleh pabrikan smartphone. Untuk masalah kualitasnya, Qualcomm Snapdragon ini tidak beda jauh dengan Exynos bisa dibilang setara. Namun yang menjadi keunggulan prosesor ini adalah tentu harganya yang lebih murah.

Sama halnya seperti Exynos, Snapdragon juga memiliki keunggulan dalam hal mengoptimalkan kinerja baterai dan pengolahan grafik. Snapdragon mempunyai 3 jenis prosesor, ada seri 400 untuk entry-level, 600 di kelas menengah, dan terbaru 800 pada jajaran flagship.

Baca juga:
Kesimpulan: Untuk menentukan prosesor mana yang terbaik memang cukup sulit, sebab setiap prosesor memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Selain itu, setiap pabrikan prosesor itu sendiri mengklaim bahwa produk merekalah yang terbaik serta tentunya para fanboy itu sendiri. Bagaimana pendapat kamu mengenai Exynos vs Qualcomm Snapdragon? Yuk, sampaikan pendapatmu di kolom komentar...!!!