11/24/2016

[Work] 3 Cara Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti

Cusrom OS | Cara mengatasi sayangnya Sistem UI telah berhenti. Bagi pengguna Android tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya System UI, dengan adanya system UI tersebut smartphone Android kita menjadi lebih menarik dan elegant saat digunakan, sebab UI (user interface ) atau antar muka berhubungan dengan segala hal tentang tampilan pada smartphone Android misalnya status bar, notification bar, menu, icon, dan lain sebagainya. Bagi pengguna Android yang gemar melakukan oprek atau modifikasi, pasti mereka selalu berhati-hati dalam mengedit file sistem UI sebab file tersebut sangat sensitif sekali, jika salah dalam mengedit tentu tampilan Android akan mengalami gangguan atau error.

Biasanya ketika sistem UI mengalami error akan memunculkan notifikasi Unfortunately, System UI Has Stopped atau Sayangnya, Sistem UI Telah Berhenti yang dapat menyebabkan tampilan Android kacau, blank hitam, hilangnya statusbar, dan lain sebagainya. Namun terjadinya sistem UI telah berhenti bukan hanya dikarenakan salah dalam mengoprek saja, tapi ada beberapa hal juga yang mempengaruhi sistem UI berhenti secara tiba-tiba misalnya penumpukan file sampah atau cache dan aktivitas RAM yang overload. Masalah tersebut biasanya terjadi pada semua merek smartphone Android seperti Asus Zenfone, Samsung, Advan, Evercoss, Andromax, Sony, Lenovo, Xiaomi, Oppo, Vivo, LG, Infinix, dan merek smartphone Android lainnya.


Nah bagi kamu yang mengalami hal tersebut, jangan khawatir sebab ada beberapa cara untuk mengatasi Unfortunately, System UI Has Stopped ini pada Android sobat. Cara mengatasi sistem UI tiba-tiba berhenti ini ada 3 cara, mulai dari yang sederhana sampai yang sulit tapi biasanya cara yang sulit ini sangat ampuh dalam mengatasi Sayangnya, Sistem UI Telah Berhenti. Untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung mencoba 3 cara mengatasi sistem UI error dibawah ini.

1. Restart Smartphone Android

Cara yang pertama ini cukup sederhana, langkah awal yang bisa kamu coba adalah melakukan restart atau reboot smartphone Android seperti biasa. Ketika sedang terjadinya systemUI error maka tampilan Android akan menjadi kacau dan sulit untuk di operasikan maka dari itu kamu harus menyegarkan kembali Android dengan melakukan restart. Setelah tampilan Android kembali seperti normal ada baiknya kamu melakukan pembersihan file cache atau file sampah yang menumpuk di ponsel Android, supaya lebih mudah kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih file cacahe seperti Clean Master.

2. Kembalikan Android ke Setelan Pabrik

Cara yang kedua ini cukup beresiko sebab factory reset atau mengembalikan Android ke setelan pabrik dapat menyebabkan data-data dalam ponsel hilang. Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebelum melakukan factory reset kamu bisa membackup/memindahkan data-data penting ke perangkat lain seperti laptop. Cara ini terbilang cukup mudah dan ampuh untuk mengatasi system UI force close, karena cara ini akan mengembalikan ponsel seperti awal saat kita sedang membelinya baru.

Untuk mengembalikan ponsel ke settingan pabrik, kamu bisa menuju ke Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Reset Ulang Telepon. Jika ponsel tidak bisa masuk ke setting, kamu bisa menggunakan metode lain yaitu hard reset dengan mengkombinasikan tombol volume UP + Power secara bersamaan atau Power + Home + Volume UP. Kemudian pilih Wipe data/factory reset, setiap merek ponsel memiliki metode berbeda-beda untuk melakukan hard resert, untuk lebih jelasnya kamu bisa mencari referensi informasi hard reset sesuai merek ponsel sobat.

3. Flashing Ulang Firmware Android

Bagi pemula akan menganggap untuk melakukan flashing ini sangat sulit, memang cara ini cukup rumit dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Namun jika diamati lebih teliti dan memperhatikan langkah demi langkah dengan baik maka melakukan flashing Android ini cukup mudah dilakukan. Jika semua cara sebelumnya masih belum berhasil untuk mengatasi Sistem UI telah berhenti, maka cara inilah yang sangat ampuh 100% dalam mengatasi masalah tersebut.

Cara ini juga cukup beresiko jika salah dalam melakukan flashing ulang firmware Android sebab dapat mengakibatkan ponsel mati total. Jika kamu tidak berani maka lebih baik meminta bantu ke orang yang sudah ahli dalam melakukan flashing. Tapi sebenarnya kamu tidak perlu takut, lebih baik melakukannya sendiri sebab kerusakan pada sistem operasi kerap sekali terjadi pada semua ponsel Android, ketika masalah tersebut muncul lagi kamu bisa mengatasinya sendiri.

Untuk melakukan flashing ulang firmware Android kamu bisa mencari tutorialnya sesuai merek ponsel Android sobat, karena setiap merek ponsel memiliki jenis firmware Android yang berbeda-beda. Kamu bisa mencari tutorial secara lengkap di situs ini, jika tidak ada kamu bisa request cara flashing sesuai tipe ponsel kamu di kolom komentar, nanti admin akan membuat artikel tentang tutorial flashing sesuai tipe ponsel yang kamu minta.

Baca juga:
Bagaimana, apakah artikel diatas membantu sobat? Semoga saja membantu ya hehehe. Demikian informasi tentang cara mengatasi Unfortunately, System UI Has Stopped atau Sayangnya, Sistem UI Telah Berhenti yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.