11/29/2016

[Tested] 2 Metode Cara Flashing OPPO Joy 3 A11W

Cusrom OS | Cara Flashing OPPO Joy 3 A11W. OPPO merupakan vendor asal Tiongkok yang cukup sukses memasarkan produknya di pasar gadget Indonesia, terbukti dengan munculnya produk-produk baru yang menawarkan spesifikasi yang cukup bagus dan tidak lupa didukung dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Salah satu smartphone kelas menengah milik OPPO adalah OPPO Joy 3, smartphone ini sudah cukup lama dirilis jadi tidak heran apabila spesifikasinya sedikit tertinggal, namun smartphone ini masih cukup bagus digunakan dalam kegiatan sehari-hari. OPPO membekali smartphone ini dengan chipset Mediatek MT6582 yang didukung prosesor berkecepatan Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 dan RAM berkapasitas 1 GB.

Untuk sektor kamera memang tidak terlalu bisa diandalkan sebab sudah tertinggal jauh dengan smartphone canggih pada sekarang ini. Tapi kamera OPPO Joy 3 juga tidak terlalu buruk sebab kamera utamanya dibekali resolusi 5 MP dan kamera depan 2 MP. Sebagai pengadopsi sistem operasi Android membuat pengguna OPPO Joy 3 menjadi bebas untuk di oprek, namun jika di oprek pasti kemungkinan terjadinya kerusakan seperti bootloop akan terjadi. Selain disengaja, terjadinya OPPO Joy 3 bootloop juga disebabkan oleh banyak faktor lainnya. Maka dari itu kita sebagai pengguna Android harus tau bagaimana cara melakukan flashing, karena flashing dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada sistem software Android.


Misalnya yang dapat diatasi dengan cara flashing adalah dapat mengatasi OPPO Joy 3 lupa password, restart terus menerus dan tidak bisa masuk homescreen (bootloop), hang tidak bisa install APK, terkena virus, aplikasi yang tiba-tiba berhenti, dan kerusakan pada software lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara flashing OPPO Joy 3 dengan menggunakan 2 medote, yang pertama adalah menggunakan SP Flash tool jadi memerlukan bantuan laptop atau komputer dan metode yang kedua melakukan flashing OPPO Joy 3 via recovery mode. Baiklah, berikut ikuti tutorial dibawah ini.

Tutorial Flashing OPPO Joy 3 A11W via SP Flash Tool

Cara ini bisa kamu gunakan apabila OPPO Joy 3 A11W tidak bisa masuk ke recovery mode atau mati total
File yang dibutuhkan
  1. Download semua file diatas dan ekstrak kemudian install file Driver.
  2. Jalankan aplikasi Flash Tool dari file yang telah kamu ekstrak tadi.
  3. Selanjutnya klik scatter-loading lalu cari file yang biasanya bernama Android_scatter.txt yang terdapat pada folder firmware OPPO Joy 3 A11W yang telah kamu ekstrak tadi, selanjutnya pilih file tersebut dan klik Open.
  4. Langkah berikutnya, klik tombol Download di SP Flash Tool. Untuk PRELOADER jangan di centang dulu, kalau gagal baru di centang.
  5. Setelah itu turn off smartphone OPPO Joy 3 A11W.
  6. Kemudian hubungkan OPPO Joy 3 A11W ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB sambil menekan tombol Volume UP.
  7. Jika driver terinstall dengan baik, maka nanti proses flashing akan berjalan secara otomatis.
  8. Tunggu sampai selesai, jika sudah selesai maka nanti akan muncul icon ceklis berwarna hijau.

Tutorial Flahing OPPO Joy 3 A11W via Recovery Mode

  1. Download Firmware OTA OPPO Joy 3 A11W
  2. Pindahkan file firmware OPPO Joy 3 A11W ke SDCard (Jangan ditaruh di dalam folder)
  3. Turn off smartphone OPPO Joy 3 A11W.
  4. Masuk ke Recovery Mode dengan cara menekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan hingga beberapa detik.
  5. Jika berhasil maka akan masuk ke menu Oppo Recovery dan akan muncul pilihan bahasa agar lebih mudah pilih bahasa English saja.
  6. Kemudian Pilih Wipe Data And Cache. Dilanjut dengan Wipe Data dan Wipe Cache lalu pilih YES.
  7. Berikutnya pilih Install From SD dan pilih file firmware OPPO Joy 3 A11W tadi yang telah kamu download. (Gambar sebagai contoh saja)
  8. Tunggu hingga proses flashing selesai.
  9. Jika proses selesai pilih Reboot dan selanjutnya Yes.
  10. Booting akan memakan waktu yang cukup lama sekitar 5-10 menit.
Demikian tutorial cara mengatasi OPPO Joy 3 A11W, error, lemot, terkena virus, hang, tidak bisa install apk, force close, dan lain sebagainya dengan melakukan flashing ulang firmware. Semoga bermanfaat..!!!