10/05/2016

5 Tips Ampuh Merawat Power Bank Supaya Tetap Awet

Cusrom OS | Tips ampuh merawat power bank supaya tetap awet. Gadget atau smartphone kini sudah tidak bisa terlepas lagi dari kebutuhan manusia, pasalnya smartphone sangat berguna sekali untuk membantu aktivitas manusia dalam berkomunikasi dan lain sebagainya. Setiap hari seseorang akan menggunakan smartphone dan otomatis kebutuhan daya baterai sangat diperlukan, maka dari itu power bank merupakan salah satu perangkat pendukung pengguna smartphone yang paling penting dalam kegiatan sehari-hari.

Dengan begitu power bank adalah perangkat penyelamat bagi pengguna smartphone dalam keadaan darurat jika tidak dapat terhubung ke aliran listrik secara langsung. Sama halnya seperti alat elektronik lainnya, power bank juga membutuhkan perawatan supaya dapat digunakan dalam jangka panjang alias tidak mudah cepat rusak. Kerusakan yang biasanya sering dialami pada power bank adalah penurunan kualitas daya penyimapanan energi yang biasa dikenal dengan kata drop atau ngedrop.


Pastinya kamu tidak ingin jika power bank yang kamu beli mahal-mahal cuma bisa kamu pakai beberapa kali saja, bukan? Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips untuk merawat power bank supaya tetap awet, sebagai berikut...

1. Gunakan Power Bank Sesuai Kebutuhan.

Kebutuhan power bank memang merupakan sebagai solusi atau alternatif untuk mengisi daya baterai ponsel yang paling sederhana karena dimanapun kita berada, kita bisa melakukan pengisian baterai pada ponsel. Namun jika kita masih dapat melakukan pengisian dengan charger di outlet listrik tidak disarankan untuk melakukan pengisian menggunakan power bank, hal tersebut disebabkan karena jika terlalu sering menggunakan power bank maka kemampuannya power bank tersebut bisa menurun.

2. Perhatikan Cara atau Waktu Pengisian Power Bank.

Tata cara melakukan pengisian power bank sangat berpengaruh untuk menjaga power bank supaya tetap awet. Saat ingin melakukan pengisian power bank jangan menunggu sampai daya power bank tersebut sampai benar-benar kosong alias ngedrop. Usahakan mengisi daya power bank dalam keadaan minimum energi sekitar 15-20%. Melakukan pengisian power bank terlalu sering, apalagi saat power bank masih dalam keadaan daya penyimpanan masih banyak, akan membuat kinerja power bank menurun.

Selain melakukan pengisian daya dalam keadaan minimum, hal yang tidak kalah penting adalah mencabut power bank dalam keadaan sudah penuh. Apalagi kamu mempunyai power bank yang masih belum mendukung Over Charging protection. Jika kamu terlalu sering membiarkan power bank kamu terisi penuh secara over atau berlebihan, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada baterai power bank.

3. Jangan Menggunakan Smartphone.

Apakah kamu sering bermain games atau menjalankan aplikasi berat saat sedang menggunakan power bank? Jika iya, kamu harus mulai menghindari kebiasaan buruk tersebut. Hal ini karena power bank akan bekerja lebih keras untuk menyalurkan energi ke ponsel hingga 2x lipat. Oleh karena itu ada baiknya supaya power bank kamu tetap terjaga kinerjanya lebih baik kamu jangan menggunakan ponsel saat menggunakan power bank. Selain dapat menurunkan kinerja power bank, ponsel kamu juga akan mengalami hal serupa yakni menurunakn kinerja pada baterai ponsel.

4. Jangan Sampai Terjatuh.

Sama halnya seperti perangkat elektronik lainnya, power bank juga perangkat yang mudah rusak apabila terbentur apalagi sampai terjatuh. Jika hal tersebut sampai terjadi, akan mengakibatkan komponen baterai di dalamnya akan berkurang dan tidak menutup kemungkinan juga power bank tidak bisa digunakan lagi. Sebelum hal tersebut terjadi, kamu bisa mengamankan power bank menggunakan case atau pelindung khusus power bank.

5. Jauhkan Dari Perangkat Elektronik Lain.

Selain meletakkan power bank di suhu lembab, basah, dan panas, ada baiknya kamu jangan menaruh power bank di dekat alat elektronik yang dapat menimbulkan medan magnetik seperti kulkas, televisi, dan lain sebagainya. Jika power bank di taruh berdampingan dengan kulkas ataupun televisi, maka gelombang magnetik keduanya akan saling bertabrakan sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada kedua alat elektronik tersebut.

Baca juga: Daftar Power Bank Original Dengan Kualitas Terbaik

Itu adalah beberapa poin-poin penting yang harus kamu coba terapkan pada power bank kamu, supaya power bank yang kamu miliki dapat digunakan dalam jangka panjang. Nah bagaimana, sudah tahu kan cara supaya power bank kamu menjadi lebih awet dan tahan lama? Kalau begitu, demikian informasi mengenai tips merawat power bank yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.