10/09/2016

Spesifikasi dan Harga Kamera Canon EOS 5D Mark IV di Indonesia

Cusrom OS | Canon akhirnya telah resmi memperkenalkan kamera DSLR terbarunya dengan nama EOS 5D Mark IV pada bulan Agustus lalu. Produk tersebut kini resmi memasuki pasar Indonesia pada awal Oktober tepatnya pada hari Rabu (5/10/2016) yang digelar di Jakarta.

EOS 5D Mark IV merupakan kamera DSLR kelas semi profesional penerus dari EOS 5D Mark III. EOS 5D Mark IV ini hadir dengan sejumlah peningkatan fitur seperti teknologi Dual Pixel CMOS AF yang diklaim mampu mempercepat kinerja autofocus, sensor full-frame beresolusi 30,4MP serta fitur DPRAW atau Dual Pixel RAW untuk mengolah foto berformat RAW yang lebih presisi.
Selain fitur Dual Pixel RAW (DPRAW) yang dapat digunakan untuk mengatur posisi efek kabur yang diinginkan, DPRAW juga bisa mengurangi efek ghosting dan flare pada hasil foto yang sudah diambil.

EOS 5D Mark IV juga mengusung fitur 4K frame grabs yang memungkinkan unutuk para fotografer mengambil foto-foto tunggal dari hasil rekaman video 4K kamera ini. Selain mengusung video 4 K, kamera ini juga sanggup merekam video full-HD dengan frame rate hingga 60 FPS. Sebagaimana diklaim dari Canon, kamera ini cocok bagi para filmmaker untuk mengaplikasikan kamera ini di ranah sinema dan broadcast.
Beberapa fitur lainnya adalah, EOS 5D Mark IV dilengkapi prosesor gambar DIGIC 6+ & teknologi Digital Lens Optimizer (DLO). Teknologi Digital Lens Optimizer atau DLO menjadi salah satu teknologi tercanggih pada saat ini untuk mengoptimalkan dan memproses gambar JPEG secara langsung. Teknologi ini mencakup berbagai macam koreksi penyempurna hasil jepretan seperti peripheral illumination, chromatic aberration correction, dan diffraction correction.
Sistem auto fokus kamera ini terdiri dari 61 titik yang 41 di antaranya adalah jenis cross-type, serta  EOS iTRAF (Recognition Auto Focus dan Intelligent Tracking). Fitur AF tersebut di support oleh burst rate continuous shot 7 frame per detik. Rentang sensitivitas native sensornya dipatok di angka ISO 100 sampai 32.000 yang dapat ditingkatkan lagi sampai ISO 102.400.

EOS 5D Mark IV juga dibekali fasilitas GPS serta koneksi Wi-Fi dan NFC untuk menghubungkan ke gadget berbasis iOS maupun Android.

Harga EOS 5D Mark IV di Indonesia. PT Datascrip memasarkan kamera ini dengan harga Rp 49.629.000 (Khusus Bodi). Sedangkan versi kit dengan lensa EF 24-70mm f/4 L US USM yang dibanderol Rp 62.200.000 dan kit dengan lensa EF 24-105 f/4 L IS II USM dibanderol Rp 65.450.000.