3/12/2017

Qualcomm Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Terbaik?

Cusrom OS | Qualcomm Snapdragon vs Mediatek, manakah yang terbaik?. Persaingan di dunia smartphone semakin hari semakin memanas pasalnya setiap perusahaan selalu menghadirkan teknologi terbaru sehingga dapat menciptakan smartphone dengan spesifikasi gahar. Selain terpacu pada kemampuan RAM smartphone dengan spesifikasi gahar juga di dukung oleh processor yang berkualitas. Prosesor ibaratkan sebagai otak manusia yang berguna untuk mengatur seluruh komponen pada smartphone.

Hal tersebut tentu membuat perusahaan prosesor bersaing ketat untuk mengeluarkan produk processor yang berkualitas. Seperti yang kita ketahui, banyak jajaran smartphone khususnya Android yang menggunakan processor Snapdragon dan Mediatek, mungkin dari kalian sudah tidak asing lagi mendengar kedua processor tersebut. Lantas dari kedua processor tersebut manakah yang terbaik dan berkualitas? Bagi kamu yang penasaran, simak penjelasan dari kedua processor dibawah ini.

Qualcomm Snapdragon


Chipset yang satu ini adalah yang paling banyak digunakan oleh HP canggih saat ini. Selain digunakan pada HP canggih, Snapdragon juga laris manis bermain di semua kelas bawah, menengah dan atas. Berbagai perusahaan smartphone banyak yang meminang processor ini sebagai dapur pacu produknya, kinerja dan efisiensi CPU ini sangat layak untuk diandalkan pasalnya prosesor ini selalu menghadirkan teknologi terbaru yang belum ada serta terbukti bertenaga dan mampu bekerja secara optimal.

Berbagai keunggulan dan dukungan dimiliki oleh Qualcomm Snapdragon, mulai dari pengolahan grafis yang tinggi, ketahanan baterai yang awet, tidak mudah panas, dan masih banyak lagi. Dan perlu kamu ketahui bahwa Snapdragon mempunyai 3 tipe prosesor, yaitu yang paling terbaru dengan performa cadas adalah versi 800, pada kelas menengah diisi versi 600, sedangkan pada versi entry-level adalah versi 400.

MediaTek


Chipset yang satu ini sempat melempem karena MediaTek selalu bermain di jajaran kelas bawah saja, namun MediaTek kini memberanikan diri untuk menunjukkan kebuasannya dengan mengeluarkan chipset ganas seri Helio X20, X25, dan X30. Pada seri X30 ini dilengkapi 10 inti processor atau yang biasa disebut Deca-core yang pertama kali ada di dunia. Processor yang satu ini juga banyak dipakai oleh vendor branded terkenal luar maupun lokal, alasan processor Mediatek banyak dipakai adalah karena harganya yang relatif murah.

Meskipun harganya murah bukan berarti kualitas processor ini murahan, Mediatek pun dibilang cukup pantas dijajarkan dengan chiptset berkualitas seperti Snapdragon dan Exynos. Meskipun dalam segi kinerja masih belum sepenuhnya mampu bersaing, namun setidaknya MediaTek mempunyai kelebihan dengan harganya yang relatif lebih murah daripada kompetitornya. Bukan tidak mungkin jika MediaTek akan menyaingi processor sekelas Snapdragon dan Exynos, kita lihat saja inovasi apa yang akan dihadirkan oleh MediaTek untuk bersaing.

Baca juga:
Kesimpulan:  Memang sulit untuk menentukan prosesor mana yang terbaik, sebab setiap processor mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Selain itu, setiap pabrikan pasti mengklaim bahwa produk merekalah yang terbaik dan tentunya para penggemar brand itu sendiri. Bagaimana menurut kamu? Yuk, sampaikan pendapatmu di kolom komentar...!!!