10/14/2016

Sistem Operasi Tizen | Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan

Cusrom OS | Mungkin beberapa dari kalian pasti sudah tau apa itu Tizen dan tentu ada juga yang masih belum tau sama sekali. Bagi kamu yang masih belum tau tentang Tizen jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan mengulas apa itu Tizen.

Apa itu Tizen?

Tizen adalah sistem operasi open source yang berbasiskan Linux dan C Library GNU yang dibesut oleh kerjasama antara Samsung, Intel, dan Linux Foundation. Sebelumnya sistem operasi ini bernama Meego yang berasal dari gabungan pembesutnya yaitu Intel Mobilin dan Nokia Maemo. Namun, kemudian Intel lebih memilih menjalin kerja sama dengan Samsung karena ketika itu Nokia lebih berfokus ke sistem operasi Windows Phone maka dari itu sistem operasi tersebut di ganti menjadi Tizen yang merupakan hasil kerja sama antara Samsung dan Intel.


Karena Tizen merupakan sistem operasi berbasiskan kernel Linux yang open source jadi pengguna diberi kebebasan untuk melakukan modifikasi sistem dan lain sebagainya layaknya seperti sistem operasi Android. Karena sama-sama berbasiskan Linux, Tizen OS ini juga mendukung aplikasi APK Android.

Tizen dikembangkan oleh Samsung karena untuk ambisinya mengalahkan sistem operasi yang di besut oleh Google yaitu Android yang sekarang ini sedang berkuasa dan banyak digunakan oleh vendor smartphone lain termasuk Samsung sendiri. Memang Samsung adalah vendor smartphone yang paling sukses dari vendor lainnya karena memiliki pengguna yang jauh lebih besar. Meskipun demikian pada urusan software Samsung tetap bergantung kepada Google selaku pengembang Android dan harus tunduk pada aturan Google.

Baca juga:
Untuk mencoba mengurangi ketergantungan tersebut, Samsung bersama Intel dan Linux Foundation mengembangkan sistem operasi sendiri yang diberi nama Tizen.

Sistem operasi Tizen tidak hanya di gunakan untuk perangkat mobile saja, karena beberapa perangkat elektronik lainnya seperti Smartwatch, Televisi, Kamera, Blu-ray polayer, Wearable, PC, dan lain sebagainya juga telah menggunakan sistem operasi Tizen sebagai pengoperasiannya.

Tizen Juga Memiliki Toko Aplikasi!


Sama seperti sistem operasi populer lainnya seperti Android dan iOS, jika Android dilengkapi dengan Google Play dan iOS dilengkapi dengan App store, maka sistem operasi Tizen juga dilengkapi dengan market yang diberi  nama Tizen Store. Disinilah para developer Tizen dapat melakukan submit aplikasi maupun game untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Tizen Store juga sudah dilengkapi fitur management aplikasi yang terkait dalam laporan penjualan aplikasi, statistik download hingga dukungan lainnya terkait distribusi aplikasi.

Kelebihan Sistem Operasi Tizen
  • Mampu menjalankan aplikasi pada sistem operasi Android
  • Dukungan browser HTML5 terbaik
  • Dapat dikembangkan pada perangkat lainnya seperti Smart TV, kamera pintar, dan PC
  • Dukungan aplikasi pihak ke-3 yang berbasiskan WEB (HTML5, CSS, JavaScript), Hybrid (Web & Native), dan Native (C/C++)
  • Didukung vendor raksasa Samsung yang memiliki peluang berkembang secara pesat
Kekurangan Sistem Operasi Tizen
  • Masih menjadi prioritas kedua, karena Samsung masih berfokus ke sistem operasi Android.
  • Masih membutuhkan pengenalan kepada publik karena masih belum banyak dikenal.
  • Masih membutuhkan diferensiasi fungsi dan sosialisasi serta produk untuk membedakan dengan kompetitor yang sudah ada sebelumnya.
Demikian informasi tentang sistem operasi Tizen yang dapat saya sampaikan. Informasi ini saya rangkum dari berbagai sumber referensi yang ada di internet, jika ada kesalahan kata maupun informasi mohon dimaklumi karena keterbatasaan saya sebagai manusia. Semoga bermanfaat.