10/06/2016

Samsung Akan Menggarap Chipset Snapdragon 830?

Cusrom OS | Seperti yang kita ketahui sendiri, bawah Samsung mempunyai chipset buatannya sendiri yang bernama Exynos. Chipset tersebut telah diterapkan pada jeroan ponsel cerdas mereka yakni Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy Note 7. Kini Samasung dikabarkan telah mendatangani kesepakatan bekerja sama untuk melakukan proses produksi chipset Snapdragon 830 milik Qualcomm. Hal ini tidak terlalu mengherankan, sebab sudah tak jarang sebuah perusahaan memiliki merek yang menyerahkan produksinya kepada perusahaan lain.

Menurut informasi yang beredar, diperkirakan bahwa chipset penerus dari Snapdragon 820 ini akan hadir pada awal tahun 2017. Nantinya Samsung akan menggunakan proses fabrikasi terbaru 10 nm yang diharapkan ada peningkatan kinerja dan pengurangan konsumsi daya baterai. Selain itu, kedua perusahaan tersebut dikabarkan akan mengusung teknologi pemrosesan yang bernama Fan-out Panel Level Package atau disingkat FoPLP.


Dengan hal tersebut, tentu Samsung akan menerapakan chipset terbaru mereka pada jeroan smartphone flagship terbarunya yaitu Samsung Galaxy S8. Smartphone tersebut adalah penerus generasi dari Samsung Galaxy S7 yang di gadang-gadang akan dirilis pada tahun depan.

Baik Snapdragon 830 maupun Exynos 8895, kabarnya akan digunakan pada Samsung Galaxy S8 di tahun mendatang. Pada varian Exynos 8895 akan pasarkan untuk internasional, sedangkan varian Snapdragon 830 akan ditanamkan ke dalam Galaxy S8 yang hanya akan dipasarkan di negara Amerika Serikat. Untuk lebih jelasnya kita tunggu kelanjutannya di tahun mendatang, apakah kedua chipset tersebut memiliki fitur yang mirip atau tidak, pasalnya kedua chipset tersebut digawangi oleh perusahaan yang sama?