10/18/2016

5 Emulator Android Terbaik dan Ringan Untuk PC Selain BlueStack

Cusrom OS | Emulator Android terbaik dan ringan untuk PC selain BlueStack. Bagi kamu yang ingin bermain game Android ataupun ingin menginstall aplikasi seperti BBM, Line, WhatsApp, dll tetapi tidak mempunyai smartphone Android, kini kamu bisa mencicipi game dan aplikasi Android tersebut di PC menggunakan emulator Android. Ini bukanlah hal yang asing lagi di zaman sekarang karena semakin hari teknologi berkembang sehingga banyak bermunculan aplikasi ataupun software yang sangat berguna sekali untuk penggunanya.

Dari berbagai macam emulator Android untuk PC, saya yakin kamu hanya sering mendengar emulator Android yang bernama Bluestack. Memang emulator Android tersebut sangat begitu populer sekali untuk digunakan, tapi kekurangan dari Bluestack adalah terlalu berat untuk dijalankan pada spesifikasi laptop ataupun komputer kelas menengah. Dan sekarang ini sudah mulai banyak bermunculan emulator Android yang lebih ringan daripada Bluestack. Apa sajakah emulator tersebut? Berikut, emulator terbaik dan ringan untuk PC.


1. Nox App Player

Emulator Android terbaik dan ringan yang pertama adalah Nox App Player. Mungkin beberapa orang masih asing mendengar software emulator Nox App Player, karena memang emulator ini masih baru dalam dunia emulator Android. Nox App Player merupakan sebagai pengganti smartphone Android yang cocok untuk kamu install pada pada laptop atau komputer. Emulator ini menawarkan performa dengan stabilitas yang cukup bagus.

Menariknya dari emulator ini adalah pengguna bisa menyesuaikan dengan spesifikasi komputer atau laptop, khususnya pada performance settings kamu dapat memilih level hardware yang dijalankan emulator. Fitur pada emulator ini juga terbilang cukup lengkap sehingga pengguna dapat lebih leluasa menjalankan emulator yang satu ini.

2. Windroye

Windroye adalah emulator Android yang terbilang sangat ringan dibandingkan dengan yang lainnya sehingga emulator ini cocok bagi kamu yang ingin menjalankan games seperti Clash of Clans, Lets Get Rich, Hay Day, dan lain sebagainya. Emulator ini tidak begitu banyak memakan RAM karena emulator ini memang tidak menawarkan banyak fitur maupun aplikasi yang tidak penting di dalamnya jadi wajar kalau emulator yang satu ini sangat licah.

Saat pertama menginstall emulator ini kamu nanti akan ditampilan berupa bahasa default China jadi kamu jangan heran, tetapi kamu juga bisa mengubah bahasa tersebut ke bahasa Indonesia untuk mempermudahkan kamu menjalankan emulator ini.

3. KoPlayer

KoPlayer merupakan salah satu emulator Android yang memungkinkan kamu untuk menggunakan game dan aplikasi android pada Windows. Emulator ini mempunyai kelebihan pada stabilitas, performa, kompetibelitas, dan lain sebagainya. Berbagai aplikasi maupun games dapat kamu jalankan dengan baik menggunakan emulator ini, KoPlayer juga terbilang cukup ringan dibandingkan BlueStack.

Bagi kamu yang hanya ingin menjalankan aplikasi BBM, Instagram, dan lain sebagainya, mungkin emulator ini cocok untuk kamu coba. Selain itu fitur yang ditawarkan emulator ini juga tidak kalah dengan yang lainnya, menariknya lagi emulator ini sudah dalam keadaan root jadi kamu dapat menginstall aplikasi yang membutuhkan hak akses root misalnya aplikasi Lucky Patcher.

4. MEmu

Meskipun tergolong sebagai pendatang baru, namun MEmu memberikan pengalaman baru bagi penggunanya dalam menjalankan file APK pada PC. Selaku pengembang, emulator ini diklaim mampu menjalankan aplikasi Android dibandingkan dengan smartphone flagship Android? Entah itu benar atau tidak, namun kamu bisa membuktikannya sendiri. Emulator ini juga sudah mendukung plaform PC dengan hardware seperti AMD, Intel, dan GPU NVIDIA.

Emulator ini mudah di operasikan meskipun kamu sebagai pemula, jika kamu pernah menggunakan Bluestack sebelumnya mungkin kamu tidak akan terlalu kebingungan untuk mengoperasikan emulator Android yang satu ini. MEmu memang sengaja di rancang untuk menandingi Bluestack, seperti yang kita lihat pada slogannya yaitu "MEmu - Android Emulator for PC better than Bluestacks"

5. YouWave

Software emulator terbaik dan ringan yang terakhir adalah YouWave. Emulator ini tidak jauh beda dengan yang lainnya, YouWave mampu menjalankan aplikasi maupun games Android dengan baik, berbagai fitur juga disediakan pada emulator yang satu ini.

Untuk mendapatkan emulator ini kamu disediakan dua versi yaitu versi gratis dan berbayar, dimana pada versi berbayar kamu mendapatkan versi terbaru dari YouWave sedangkan yang gratis hanya disediakan versi lama jadi kemungkinan tidak menggunakan sistem operasi Android Lollipop.

Baca juga:
Itulah daftar atau kumpulan emulator Android terbaik dan ringan untuk PC selain BlueStack yang dapat kamu coba install pada perangkat komputer ataupun laptop yang kamu miliki. Jika sobat mempunyai pendapat tentang emulator Android terbaik dan ringan lainnya, jangan lupa untuk berkomentar supaya saya dapat memasukkannya kedalam daftar artikel tersebut. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.