10/25/2016

Cara Mengatasi Sayangnya Google Allo Telah Berhenti di Android

Cusrom OS | Cara mengatasi sayangnya Google Allo telah berhenti di Android. Google sepertinya terus berinovasi untuk mengambangkan bisnisnya, seperti yang kita ketahui Google beru saja telah merilis aplikasi pesan singkat yang bernama Google Allo untuk platform Android dan iOS. Aplikasi ini tidak beda jauh dengan instant messenger lain seperti WhatsApp, selain itu Google Allo juga sudah dilengkapi fitur enkripsi end-to-end untuk menjaga privasi pengguna supaya percakapan tidak bisa disadap oleh siapa pun.

Namun fitur tersebut tidak diaktifkan secara default, melainkan harus diaktifkan terlebih dahulu di mode "Incognito". Mode Incognito sendiri dapat diakses melaui menu pesan yang ada pada pojok kanan bawah. Untuk mendaftar dengan Google Allo caranya cukup mudah yaitu dengan cara memasukkan nomor HP. Setelah mendapatkan kode verifikasi via SMS, pengguna bisa melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu mengambil foto secara langsung atau mengambil foto dari galeri pada perangkat smartphone sebagai foto profil.


Hingga saat ini pengguna yang telah menginstall Google Allo semakin bertambah, namun tak jarang pengguna sering mengeluh mendapatkan pesan error atau masalah seperti Unfortunately Google Allo has Stopped atau Sayangnya Google Allo Telah Berhenti. Jika kalian mengalami hal serupa, berarti kalian tidak sendirian. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa mencoba cara dibawah ini.

#1 Menghapus Tumpukan File Sampah di Google Allo

Jika kamu menggunakan HP Android yang minim RAM, mungkin hal ini akan terus terjadi. Sebab jika RAM penuh karena tumpukan file sampah yang tidak penting maka semua aplikasi pun akan mengalami yang yang serupa. Selain menyebabkan Google Allo menutup sendiri secara paksa "Unfortunately Google Allo has Stopped", terkadang Google Allo juga dapat tiba-tiba keluar sendiri tanpa sebab yang pasti tanpa memunculkan notifikasi karena penyimpanan RAM yang penuh.

Untuk melegakan penyimpanan RAM, kamu harus rajin membersihkan cache atau data pada Android. Cara yang paling mudah adala dengan menuju ke Pengaturan > Aplikasi > Terunduh kemudian cari aplikasi Google Allo kemudian cari opsi "Hapus Cache" dan "Hapus data".

#2 Perbarui Aplikasi Google Allo

Untuk mengatasi Sayangnya Google Allo Telah Berhenti yang kedua adalah dengan memperbarui versi aplikasi Google Allo. Hal ini mungkin pada versi yang kamu gunakan sekarang terdapat bugs sehingga menyebabkan error Unfortunately Google Allo has Stopped pada perangkat Android. Maka dari itu tidak ada salahnya kamu untuk meningkatkan versi Google Allo ke yang paling baru.

#3 Install Ulang Google Allo

Jika cara pertama dan kedua masih belum juga berhasil maka kamu perlu melakukan install ulang aplikasi Google Allo. Maksudnya install ulang disini adalah melakukan uninstall aplikasi Google Allo terlebih dahulu kemudian install kembali aplikasi Google Allo.

#4 Restart HP Android

Cara yang terakhir yang bisa kamu coba adalah melakukan restart HP kamu, hal ini karena mungkin HP kamu sedang dalam keadaan error sehingga tidak dapat menjalankan aplikasi secara baik. Karena beberapa kesalahan pada Android dapat diatasi dengan cara melakukan restart HP Android.

Baca juga:
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai "Unfortunately Google Allo has Stopped" atau "Sayangnya Google Allo Telah Berhenti". Jika ada pertanyaan kamu bisa menanyakannya di kolom komentar, semoga bermanfaat.