10/10/2016

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Menginstall APK Aplikasi atau Games

Cusrom OS | Cara mengatasi HP Android tidak bisa menginstall APK aplikasi atau games. Android merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia, tidak heran jika terdapat banyak sekali aplikasi maupun games tercipta untuk pengguna Android. Berbagai macam jenis aplikasi dan games yang tersedia di market Android yaitu Google Play. Namun tidak semua pengguna Android dapat mengunduh aplikasi yang diinginkan melalui tempat tersebut karena berbagai faktor, misalnya aplikasi tidak kompatibel maupun aplikasi yang menyangkut keamanan misalnya bersifat root dan lain sebagainya.

Hal inilah yang membuat banyak pengguna Android beralih untuk mengunduh aplikasi maupun games yang diinginkan melalui internet dengan mengunduh file APK. Dari sebagian pengguna Android saat menginstall file APK ada yang berjalan lancar dan ada juga yang mengalami masalah tidak dapat menginstall file APK, ada beberapa pesan error saat tidak dapat menginstall APK seperti Sorry, package installer has stopped unexpectedly, Unable to open file, installer package error 919, parse error, not enough space on devic, insufficient storage available, application cannot be installed in the default installation location, out of space, dan lain sebagainya.

Apa yang kamu rasakan? Pasti heran dan bingung sendiri saat menghadapi hal tersebut, sebenarnya macam-macam pesan error tersebut seharusnya dapat di pahami dengan membaca pesan kesalahan tersebut. Pesan yang muncul jika berkatian dengan space atau storage, bisa disimpulkan berkaitan dengan memory atau kapasitas penyimpanan. Nah lalu bagaimana cara mengatasi semua masalah yang membuat HP Android tidak bisa menginstall APK tersebut? Nah, baiklah berikut penyebab dan cara mengatasi HP Android tidak bisa menginstall APK aplikasi atau games.


#1 File APK Belum Sign

Hal ini jika APK belum di sign atau belum diberi izin maka sampai kapanpun tidak akan dapat menginstall aplikasi maupun games melalui file APK. Karena Android hanya mengizinkan aplikasi dan games yang dianggap aman, salah satunya adalah mengunduhnya secara resmi melalui Google Play.

Maka dari itu cara mengatasinya adalah mengaktifkan atau memberi izin pada file APK. Untuk memberi izin masuk ke Settings > Security > kemudian centang Unknown sources.

#2 File APK Rusak

Sebuah file yang rusak tentu tidak akan dapat di lihat maupun di install, begitu juga dengan file APK yang rusak. File APK yang rusak biasanya terjadi karena kegagalan saat proses pengunduhan, selain itu disebabkan juga karena file APK tersebut telah di modifikasi oleh seseorang dan saat melakukan editing APK tersebut ada beberapa kode atau script yang terhapus atau tertinggal.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mencoba mengunduh kembali file APK selain di tempat tadi saat kamu mendapatkan file yang rusak sehingga kamu mendapatkan file APK di tempat lain yang berbeda tapi aplikasi yang kamu inginkan sama.

#3 Google Play Service Terhapus

Saat sudah bisa menginstall file APK tapi saat aplikasi atau game dibuka ternyata tiba-tiba muncul pesan error force close, hal ini terjadi biasanya karena Google Play Service hilang atau terhapus tanpa disengaja maupun disengaja sehingga membuat semua aplikasi maupun games menjadi error.

Cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menginstall Google Play Service dari Google Play maupun menginstallnya melalui file APK.

#4 File APK Tidak Kompatibel

Setiap aplikasi dan games pasti memiliki requirement atau syarat untuk dapat menginstall pada perangkat tertentu. Misalnya jika smartphone kamu berada dalam versi Android 5.0 Lollipop dan sedangkan aplikasi yang ingin kamu install adalah memiliki syarat minimal Android 6.0 Marshmallow tentu hal tersebut tidak cocok alias tidak kompatibel.

Solusi yang paling sederhana adalah mencari aplikasi tersebut dengan versi OS yang sama dengan versi Android pada smartphone yang kamu miliki.

#5 Kapasitas Penyimpanan Penuh

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi diatas, jika muncul pesan error berkaitan dengan space atau storage pasti masalahnya adalah terletak pada kapasitas penyimpanan. Tentu kamu tidak akan pernah sukses menginstall aplikasi atau games jika kapasitas pada ponsel kamu penuh, kamu juga tidak akan bisa menambah file lainnya ke dalam ponsel seperti musik, gambar, dan video.

Pasti kamu tahu sendiri kan cara mengatasinya? Yup, yaitu dengan cara menghapus beberapa file yang tidak penting di ponsel kamu atau jika ponsel kamu belum terdapat memory card, maka lebih baik kamu membeli atau memasukkan memory card ke ponsel kamu daripada harus menghapus beberapa file.

#6 Lakukan Factory Reset atau Flashing Ulang

Yang terakhir ini adalah bukan penyebab, melainkan solusi. Cara yang terakhir ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah pada software Android yang mengalami error atau kerusakan, namun cara ini juga cukup beresiko untuk menghilangkan semua data pada ponsel. Pasalnya cara ini adalah mengembalikan pengaturan ponsel dalam keadaan baru saat pertama kali membeli. Tapi untuk mencegah hilangnya data, sebelum melakukan hal tersebut kamu lebih baik melakukan backup data terlebih dahulu.

Factory reset adalah cara yang paling mudah untuk mengembalikan pengaturan ponsel, cukup menuju Setting > Backup & Reset > lalu pilih Factory Data Reset. Sedangkan flash ulang ini terbilang cukup rumit bagi kamu yang belum pernah melakukannya, untuk melakukan hal ini biasanya setiap ponsel mempunyai cara masing-masing karena setiap ponsel berbeda firmware. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mencari informasi cara flashing di CusromOS.com atau jika tidak ada kamu bisa mencari referensi disitus lain.

Baca juga:
Saya yakin dari semua langkah-langkah diatas pasti dapat membuat HP Android kamu bisa menginstall APK aplikasi ataupun games, apalagi cara yang nomor 1 dan 6. Jika masih belum dapat mengatasi hal tersebut atau ada masalah yang ingin disampaikan, silahkan berkomentar dibawah. Demikian ulasan mengenai cara mengatasi HP Android tidak bisa menginstall APK yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.