9/01/2016

Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5

Cusrom OS | Cara mudah unlock bootloader Xiaomi Mi 5. Untuk unlock bootloader memang sedikit rumit dan memakan waktu yang cukup lama karena diharuskan memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu seperti menggunakan ROM developer China dan harus menunggu SMS dari pihak Xiaomi. Bagi para pemula jika melihat tutorial unlock bootloader pasti langsung berpikiran sulit dan membingungkan, namun jika dicermati dengan baik mungkin terlihat lebih mudah. Hampir semua produk smartphone Android terbaru dari Xiaomi bootloadernya di kunci demi masalah keamanan dan persyaratan dari pihak Google itu sendiri, yang memaksa pihak Xiaomi harus mengunci bootloader pada produk smartphone mereka.

Namun sebagai pengguna Xiaomi Mi 5 tentu tidak akan tinggal diam saja, untuk mengatasi hal tersebut pengguna Xiaomi Mi 5 memiliki banyak cara untuk unlock bootloader sendiri. Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara unlock bootloader Xiaomi Mi 5. Bagi kamu pengguna smatphone Xiaomi generasi sebelumnya dan sudah pernah unlock bootloader, sebenarnya kamu bisa menerapkannya pada Xiaomi Mi 5 karena hampir sama saja tutorialnya. Namun jika kamu sebagai pengguna baru Xiaomi Mi 5, kamu bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5

Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa Xiaomi Mi 5 kamu harus berada dalam ROM developer China, karena hanya dalam versi ROM China yang mampu unlock bootloader terhadap Xiaomi Mi 5 tersebut. Jika belum silahkan kamu download ROM MIUI Xiaomi Mi 5 China lalu install dengan menggunakan aplikasi updater >> Choose update package.

Jika sudah dalam keadaan ROM China, pastikan kamu sudah menerima SMS unlock bootloader dari pihak Xiaomi, jika belum silahkan menuju MIUI Unlock dan klik tombol Unlock Now pada halaman tersebut. Kemudian daftar jika belum mempunyai Mi Account, jika sudah tinggal Login. Kamu harus mengirim formulir dan isikan data yang lengkap seperti nomor telepon yang masih aktif untuk menerima SMS.

Baca juga: 
Kemudian isikan alasan dengan bahasa China atau Inggris, tapi lebih baik gunakan bahasa inggris karena lebih mudah "My phone is bricked in bootloop mode, please approve my unlocking request". Jika semua sudah benar dan sudah yakin silahkan kirim formulir, namun kamu harus sabar menunggu balasan berupa SMS paling lama sekitar 1 minggu. Jika SMS notifikasi kode Unlock sudah kamu terima, silahkan kunjungi lagi situs MIUI Unlock dan masukan kode Unlock yang sudah kamu terima melalui SMS sebelumnya. Selesai, lanjut ke unlocking...
File yang dibutuhkan
  1. Install Mi PC Suite dan Mi Flashtool di komputer atau laptop.
  2. Masuk ke setting >> about phone dan aktifkan mode developer di Xiaomi Mi 5 dengan cara tap beberapa sekitar 7x pada Miui Version.
  3. Jika developer sudah aktif, kemudian masuk ke Setting >> Additional setting >> developer options >> Centang USB debugging dan juga Enable OEM unlock.
  4. Berikutnya, hubungkan smartphone Xiaomi Mi 5 ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB.
  5. Jika muncul notifikasi pada Xiaomi Mi 5 kamu, pilih always remember lalu tekan Yes/Ok.
  6. Sekarang turn off Xiaomi Mi 5 dan masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan.
  7. Ekstrak file Mi Unlock Bootloader kemudian jalankan.
  8. Nanti Xiaomi Mi 5 kamu akan terdeteksi secara otomatis oleh Mi Unlock Bootloader, lalu tekan tombol Unlock.
  9. Tunggu sampai proses unlock selesai, kemudian reboot.
  10. Selesai.
Jika sudah melewati semua tutorial diatas dan sukses akan terasa mudah daripada melihat yang malah semakin membuat bingung kalau tidak di praktikkan secara langsung hehehe. Jika gagal coba lagi sampai sukses jangan sampai putus asa. Saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu pada smartphone Xiamoi Mi 5 sobat, karena resiko ditanggung penumpang. DWYOR...!!!