9/15/2016

Penyebab & Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Cusrom OS | Penyebab & cara mengatasi HP Android cepat panas. Semakin pesat berkembangnya teknologi membuat smartphone juga semakin canggih, kebanyakan ponsel pinter kini menggunakan sistem operasi buatan Google yaitu Android. Hal yang membuat Android banyak digunakan oleh vendor raksasa smartphone adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen, karena memiliki banyak aplikasi maupun game yang tersedia di Google Play baik itu gratis maupun berbayar yang semakin membuat penggunanya ketagihan dan ingin berlama-lama di depan layar smartphone. Selain game, aplikasi seperti sosial media juga dapat membuat penggunanya lupa waktu untuk berlama-lama menggunakan smartphone Android.

Jika meggunakan smartphone Android secara berlebihan tanpa kurun jeda waktu, membuat smartphone kita biasanya menjadi panas atau hangat. Sebenarnya smartphone Android panas merupakan hal yang wajar, ini bukan disebabkan karena jeleknya atau murahnya sebuah HP Android tapi disebabkan oleh aktivitas penggunan HP Android itu sendiri. Bahkan ponsel pintar sekelas Samsung S7, Asus Zenfone 3 Deluxe, Sony Xperia Z5, HTC 10, dan lain sebagainya terkadang mengeluh karena mengalami panas. Selain HP atau smartphone Android, perangkat elektronik lainnya juga akan mengalami panas jika digunakan secara berlebihan atau aktivitas yang tidak wajar.


Namun jika HP Android kamu mengalami panas yang tidak wajar dan kamu tidak terlalu sering menggunakan HP Android dalam artian masih dalam penggunaan batas wajar, maka hal tersebut perlu ditindaklanjuti untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini biasanya terjadi karena perawatan perangkat handphone yang kurang diperhatikan. Selain itu, ada banyak juga faktor atau penyebab HP Android cepat panas dan untuk menangani masalah tersebut sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan sebelum mengambil tindakan di bawa ke service center. Baiklah, berikut penyebab dan cara mengatasi smartphone Android cepat panas.

1. Kondisi Baterai

Permasalahan inti dari HP Android cepas panas adalah pada baterai HP Android itu sendiri, jika HP Android begitu panas dan energi baterai turun secara drastis, itu berarti kondisi baterai HP sudah buruk, mungkin baterai itu sudah mengalami pemuain karena pemakaian yang sudah cukup lama sehingga performa dari baterai tersebut menurun dan terkadang membuat baterai menjadi lembab serta berubah bentuk seperti menggembung. Untuk cara mengatasi hal tersebut tentu dibutuhkan tenaga baru dengan mengganti baterai tersebut. Jika masih saja tetap ngeyel untuk dipakai, kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan komponen hardware lainnya.

2. Ventilasi Lokasi Penggunaan

Terkadang penyebab panas bukan hanya bersumber pada smartphone itu sendiri, tapi lokasi penggunaan juga sangat mempengaruhi meningkatnya suhu panas pada smartphone. Komponen hardware akan berinteraksi secara langsung jika smartphone yang kamu miliki, kamu gunakan di luar ruangan dan terkena sinar matahari secara langsung. Selain di luar ruangan, smartphone kamu akan gampang panas jika smartphone tersebut kamu tempatkan di atas televisi, dekat kipas laptop yang mengeluarkan panas, dekat oven, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya kamu harus menjauhkan smartphone dari benda yang mengeluarkan panas.

3. Debu Berlebihan

Penyebab Android cepat panas berikutnya adalah dikarenakan debu yang menempel pada HP Android yang menyumbat lubang kecil-kecil pada casing. Pasalnya fungsi lubang pada casing adalah untuk mengeluarkan suhu panas yang dihasilkan HP, jika lubang tersebut tersumbat sirkulasi udara tidak dapat keluar sehingga suhu panas akan menguap di dalam HP. Untuk mengatasi HP Android cepat panas dikarenakan debu, kamu harus membersihkan HP kamu dari debu yang melengket, jangan hanya saat debu sudah menumpuk tapi lakukan setiap hari untuk menjaga HP kamu tetap awet dan terhindar dari panas.

4. Case Protector Terlalu Tebal

Case protector atau pelindung casing smartphone memang fungsinya adalah untuk melindungi smartphone dari benturan supaya tidak tergores dari benda kasar serta untuk mempercantik tampilan smartphone, namun jika kamu menggunakan case protector dengan ukuran yang tidak wajar alias terlalu tebal justru berdampak buruk pada smartphone yang kamu miliki. Dampak buruknya adalah sirkulasi udara tidak dapat keluar dengan baik, sehingga udara layaknya seperti terpenjara dari dalam perangkat.

Selain case protector terlalu tebal, terkadang ada juga case protector tidak tebal tapi menyebabkan panas yang berlebihan pada smartphone, mengapa? Itu disebabkan karena case protector tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus alias buruk. Maka untuk mengatasi hal tersebut jangan menggunakan case terlalu tebal ataupun jika sebelum membeli case protector, selalu periksa apakah case protector tersebut memiliki sirkulasi udara yang bagus atau tidak.

5. Aplikasi Tidak Penting Yang Masih Aktif.

Terkadang kita lupa untuk menonaktifkan aplikasi yang sebelumnya yang pernah kita pakai seperti WiFi, GPS, Bluetooth, Jaringan dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat membuat perangkat akan terus bekerja dan terus menjalankan aplikasi tersebut serta dapat menguras beterai sehingga kemungkinan dapat menyebabkan Android menjadi panas. Maka dari itu cek terlebih dahulu untuk menonaktifkan aplikasi tersebut jika setelah digunakan. Selain itu jika kamu setelah menggunakan aplikasi lain seperti Facebook, Line, WhatsApp dan Game, kamu harus benar-benar menutup aplikasi tersebut dibagian latar belakang atau background Android.

6. Menggunakan HP Saat Charging

Menggunakan HP pada saat melakukan charging memang dari dulu tidak di rekomendasikan karena selain dapat menyebabkan HP cepat panas, menggunakan HP saat di charge juga dapat memperburuk kualitas baterai. Ada kasus yang beredar entah itu benar atau tidak ada seseorang yang malakukan hal ini dan akhirnya HPnya meledak sampai-sampai melukai penggunanya. Bagaimana seram bukan? Kalaupun itu bohong lebih baik kita harus mencegahnya, apa harus menunggu kamu dulu yang menjadi korban baru percaya? Nah, maka dari itu jangan biasakan menggunakan HP pada saat di cas.

Baca juga:
Jika semua cara diatas masih belum berhasil juga, alangkah baiknya kamu bawa ke service center untuk mendapat perbaikan lebih lanjut. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi smartphone Android cepat panas, semoga bermanfaat.