9/06/2016

Cara Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek

Cusrom OS | Cara install custom recovery TWRP di Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek. Pemasangan custom recovery TWRP sangat beguna sekali untuk mengoprek Android maupun kegiatan modding. Pada dasarnya TWRP digunakan untuk melakukan flashing file zip seperti custom rom atau stock rom dan lain sebagainya. Selain itu, TWRP juga sangat penting untuk melakukan backup data sehingga jika terjadi kesalahan maupun problem kita tinggal melakukan recovery. Berbeda dengan recovery bawaan dari smartphone yang hanya memiliki sedikit fitur untuk custom recovery TWRP sendiri memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara install custom recovery TWRP di Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek. Dengan menginstall TWRP pada Xiaomi Redmi Note 3 versi Mediatek membuat smartphone kamu akan menjadi lebih berguna dan mudah untuk menginstall ROM tanpa menggunakan bantuan komputer ataupun laptop. Sebelum mengikuti tutorial ini, Xiaomi Redmi Note 3 kamu harus sudah dalam keadaan unlock bootloader. Jika belum, silahkan baca artikel mengenai cara unlock bootloader Xiaomi Redmi 3. Baiklah, berikut cara install custom recovery TWRP di Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek.

Tutorial Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 3 via SP Flash Tool

File yang dibutuhkan
  1. Download semua file diatas kemudian ekstrak dan install Driver MTK USB Vcom di komputer atau laptop.
  2. Jalankan aplikasi SP Flash Tool, kemudian klik Download-Agent lalu cari dan masukan file bernama DA_SWSEC.bin yang terdapat pada folder SP Flashtool itu sendiri.
  3. Selanjutnya pada SP Flash Tool klik Scaters-loading yang berada dibawahnya Download-Agent, kemudian cari file MT6795_Android_scatter yang terdapat pada folder TWRP yang telah di ekstrak tadi.
  4. Hilangkan semua centang kecuali pada Recovery, lalu tekan tombol Download.
  5. Turn off  Xiaomi Redmi Note 3, kemudian hubungkan  menggunakan kabel USB sambil menekan tombol Volume Down supaya dapat terbaca oleh SP Flash Tool.
  6. Jika sukses terbaca di SP Flash Tool, maka proses akan berjalan secara otomatis.
  7. Kalau proses sudah selesai, nanti akan muncul tanda ceklis hijau.
  8. Selesai, lepaskan Xiaomi Redmi Note 3 dari komputer atau laptop.
  9. Untuk mengetahuinya, kamu bisa masuk ke dalam menu TWRP silahkan turn off terlebih dahulu lalu tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.