9/03/2016

Cara Install Custom Recovery TWRP di Xiaomi Mi 5

Cusrom OS | Cara install custom recovery TWRP di Xiaomi Mi 5. Jika ingin mempermudah melakukan flashing ROM baik itu stock rom maupun custom rom, langkah yang harus ditempuh adalah harus memasang custom recovery TWRP terlebih dahulu. Custom recovery TWRP ini sangat berguna sekali sebagai media flashing tanpa menggunakan bantuan komputer ataupun laptop, namun sebelum menginstall TWRP ini smartphone Xiaomi Mi 5 kamu harus sudah dalam keadaan unlock bootloader, jika belum silahkan baca artikel cara mudah unlock bootloader Xiaomi Mi 5.

Secara bawaan dari pabrik, Xiaomi Mi 5 ini tidak dilengkapi dengan mode recovery default jadi kita harus mengintall custom recovery sendiri, memang produk rilisan terbaru dari pihak Xiaomi ini agak menyulitkan bagi penggunanya. Untuk memasang TWRP di Xiaomi Mi 5 ini terbilang cukup rumit, tapi kamu jangan menyerah ikuti saja tahap demi tahap dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Perlu dipahami, setiap tutorial pasti memiliki resiko jadi kami tidak bertanggung jawab apabila ada kerusakan, bagi kamu yang sudah yakin bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Tutorial Install Custom Recovery TWRP di Xiaomi Mi 5

File yang dibutuhkan
  1. Aktifkan developer mode dan USB Debugging.
  2. Masuk ke setting >> about phone dan aktifkan mode developer di Xiaomi Mi 5 dengan cara tap beberapa sekitar 7x pada Miui Version.
  3. Jika developer sudah aktif, kemudian masuk ke Setting >> Additional setting >> developer options >> Centang centang USB debugging dan juga Enable OEM unlock.
  4. Kemudian install Mi Flash Tool dan Mi PC Suite pada komputer atau laptop kamu.
  5. Berikutnya, hubungkan smartphone Xiaomi Mi 5 ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB, jika muncul notifikasi pada Xiaomi Mi 5 kamu, pilih always remember lalu tekan Yes/Ok lalu lepas kembali dari komputer atau laptop.
  6. Turn off smartphone Xiaomi Mi 5, kemudian masuk ke Mode Fastboot dengan cara menekan tombol Power + Volume Down hingga muncul logo.
  7. Jika sudah masuk dalam mode Fastboot, sambungkan kembali Xiaomi Mi 5 ke komputer atau laptop.
  8. Kemudian ekstrak file ADB Fastboot dan jalankan file yang ada didalamnya.
  9. Pindahkan file TWRP ke folder ADB, lalu ketikan pada CMD dengan perintah fastboot flash recovery cofface_twrp_recovery_gemini.img kemudian tekan enter, jika nama file TWRP berbeda silahkan ketikan perintah fastboot flash recovery namafiletwrp.img seperti itu jika berbeda file.
  10. Tunggu sampai proses selesai, done.
Demikian artikel yang bisa saya sampaikan mengenai cara install custom recovery TWRP di Xiaomi Mi 5. Jika gagal masuk TWRP setelah berhasil flashing, silahkan kamu clear cache melalui fastboot mode dengan perintah fastboot erase cache lalu flash ulang TWRP nya. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat, terimakasih.