8/05/2016

Tips Supaya Proses Edit Tidak Lambat Pada Aplikasi Prisma

Cusrom OS | Aplikasi Prisma merupakan aplikasi edit foto yang sedang ngtrend pada pengguna smartphone khususnya smartphone android dan iOS. Aplikasi ini mampu mengubah foto menjadi sebuah karya seni seperti lukisan, kartun, vektor, dan masih banyak lagi dengan berbagai macam pilihan filter hingga sekitar 30 filter. Setelah melakukan editing aplikasi ini langsung dapat memberikan pilihan fitur share ke media sosial populer seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Untuk menggunakan aplikasi Prisma diharuskan smartphone terhubung dengan koneksi internet karena aplikasi ini berbasis cloud server.

Kekurangan dari aplikasi edit foto Prisma adalah relatif lambat atau lemot dibandingkan dengan aplikasi yang memiliki fitur filter lainnya. Biasanya pengguna di haruskan menunggu proses yang cukup lama saat memilih filter sebelum foto sempat di olah maupun di bagikan. Itu karena cara kerja aplikasi Prisma yang manampung terlebih dahulu foto ke server dan kemudian di kembalikan lagi ke perangkat, bukan langsung di proses melalui perangkat. Itulah yang membuat aplikasi prisma saat memproses terkadang sangat lambat, untuk mengatasi agar proses edit aplikasi Prisma tidak lambat atau lemot kamu bisa mengoptimalkannya dengan tips berikut.


1. Gunakan Koneksi Internet Yang Stabil

Cara mengatasi proses edit aplikasi Prisma supaya tidak lemot yang pertama adalah memastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil, mengingat bahwa aplikasi ini mengolah foto di server cloud. Jika internet yang kamu gunakan lamban otomatis proses loading aplikasi Prisma juga akan ikut lamban. Disarankan untuk menggunakan jaringan internet 4G LTE supaya lebih optimal atau menggunakan koneksi WiFi. Jika koneksi internet kamu belum stabil sebaiknya tunda dulu untuk melakukan proses editing, tunggu hingga mendapat sambungan yang lebih baik.

2. Jangan Membuka Aplikasi Lain

Saat melakukan proses editing foto dan sudah menampilkan pesan "Creating artwork” jangan pernah menekan home atau berpindah-pindah ke aplikasi lain karena itu akan membuat proses menjadi terhenti dan diharuskan untuk mengulangi dari awal lagi. Karena aplikasi prisma tidak dapat berjalan dengan aplikasi lain secara bersamaan. Meskipun beberapa smartphone memiliki fitur multiwindow namun tetap saja tidak di sarankan untuk membuka aplikasi selain aplikasi Prisma agar proses dapat bekerja secara optimal.

3.  Menghindari Proses Edit Pada Saat Server Sedang Sibuk.

Meskipun jika koneksi internet yang kamu gunakan stabil namun ketika pada saat jam-jam sibuk, maka tetap sama saja akan terasa lamban saat melakukan proses edit. Itu karena aplikasi prisma menggunakan server cloud sehingga pengguna yang sedang online akan mengkases server database dari aplikasi Prisma, bayangkan jika ada banyak orang yang sedang menggunakan aplikasi Prisma secara bersamaan tentu server akan mengalami overload sehingga terkadang muncul notifikasi “Over capacity”. Maka usahakan jangan menggunakan aplikasi Prisma di saat jam-jam pengguna aktif menggunakan smartphone seperti di waktu siang atau jam-jam istirahat.

Demikian tips yang bisa saya sampaikan tentang cara mengatasi aplikasi Prisma agar tidak lemot atau lambat. Karena aplikasi ini masih cukup baru tentu masih ada banyak kekurangan yang menjadi tugas Prisma Labs selaku pengembang aplikasi ini untuk memperbaikinya. Baik itu memperbaiki kualitas server maupun fitur lainnya untuk mengoptimalkan proses editing. Biasanya foto yang di hasilkan aplikasi ini terdapat logo pada setiap foto yang telah di edit pada bagian bawah, jika kamu kurang menyukai logo Prisma tersebut, silahkan baca Cara Menghilangkan Watermark Logo Prisma di Android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat, terimakasih sudah berkunjung.