8/13/2016

4 Tips Jitu Untuk Mempercepat Koneksi Internet di Android

Cusrom OS | Tips jitu untuk mempercepat koneksi internet di Android. Siapa juga sih yang ingin mempunyai koneksi internet yang lamban dan lemot saat digunakan? Semua orang pasti menginginkan agar saat menggunakan internet itu cepat tanpa loading yang lama, namun nyatanya tidak begitu. Apalagi di negara Indonesia menurut informasi yang beredar, Indonesia berada pada peringkat ke 8 sebagai negara dengan koneksi internet paling lamban di dunia. Jika begitu, apa yang kamu bisa lakukan sob, pindah negara aja ya! hahaha.

Internet merupakan menjadi salah satu kebutuhan wajib yang tidak dapat terpisahkan lagi pada zaman modern sekarang ini, kita dituntut untuk selalu terhubung dengan internet untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, tepat, dan akurat. Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi, karena hampir setiap orang pasti ada yang tengah menggunakan smartphone di setiap waktu. Bahkan yang sudah menggunakan jaringan koneksi internet 4G LTE saja tidak menjamin koneksi internet kamu akan ngebut.

Selain itu ada banyak beberapa faktor yang mempengaruhi koneksi internet pada Android kamu lemot atau lamban, diantaranya adalah spesifikasi dari smartphone android kamu sendiri yang tidak mendukung jaringan internet tercepat pada sekarang ini yaitu 4G LTE. Namun jika jaringan kamu masih dibawah 4G LTE kamu bisa menggunakan koneksi internet melalui jaringan WiFi, namun pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet hingga 2x lipat.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

Mempercepat koneksi internet sangat berguna sekali bagi kamu yang suka browsing, chatting, bermain game, melakukan aktivitas media sosial, dan menggunakan aplikasi map. Berikut, tips dan trik yang bisa kamu coba untuk mempercepat koneksi internet di Android hingga 2x lipat.

1. Gunakan Browser Ringan

Bagi kamu yang suka melakukan aktivitas browsing, tips yang pertama ini merupakan hal wajib untuk kamu lakukan. Karena dengan menggunakan aplikasi browser ringan, otomatis saat kamu ingin membuka informasi kedalam website maka loading tidak akan berlangsung lama. Banyak browser ringan yang tersedia di Google Play diantaranya yang bisa kamu coba gunakan adalah Opera mini atau Opera max.

Kedua browser tersebut sama-sama dikembangkan oleh Opera Inc dengan menghadirkan fitur kompresi data yang sangat agresif sehingga setiap permintaan akan diproses melalui server terlebih dahulu untuk dikompres supaya ukuran load data menjadi lebih kecil, setelah itu baru dikirimkan ke perangkat selular. Selain dapat mempercepat browsing, kamu juga dapat menghemat kuota yang kamu miliki.

2. Nonaktifkan Gambar pada Browser

Gambar pada suatu website atau blog sangat mempengaruhi kecepatan akses, karena jaringan internet harus memproses gambar dengan ukuran bandwith yang cukup lumayan tergantung dari ukuran file gambar tersebut, selain itu dapat menghabiskan kuota juga. Jika gambar pada suatu browser di nonaktifkan maka jaringan tidak perlu memproses gambar lagi sehingga kecepatan untuk memproses halaman lebih cepat.

Jika kamu masih belum mendownload browser ringan seperti Opera mini atau Opera max dan kamu masih setia menggunakan aplikasi browser Google Chrome, kamu bisa untuk tidak menampilkan gambar pada semua halaman yang ingin kamu proses. Dengan cara menuju aplikasi Google Chrome, pilih icon opsi berupa 3 titik, Settings >> Data Saver >> aktifkan Data Saver.

Dengan begitu, aplikasi browser Google Chrome kamu otomatis tidak akan menampilkan gambar lagi pada suatu halaman website atau blog. Cara ini sangat berguna sekali bagi kamu yang masih menggunakan jaringan 3G, dijamin akses internet kamu untuk browsing akan meningkat dari biasanya hingga 2x lipat.

3. Nonaktifkan Auto Sync dan Data Latar Belakang

Menggunakan smartphone berbasis Android memang sangat asyik dan menyenangkan karena tersedia banyak sekali aplikasi yang menarik. Namun jangan menginstall aplikasi secara sembarangan. Sesuaikan dengan kebutuhan saja, karena aplikasi tersebut yang tidak berguna mungkin dapat memonopoli akses jaringan internet kamu sehingga menyebabkan koneksi internet kamu menjadi lelet. Maksudnya disini adalah, aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Kamu juga perlu menonaktifkan fitu Auto Sync (sinkronisasi otomatis) seperti pada aplikasi bawaan yaitu aplikasi Gmail dan aplikasi lainnya yang membutuhkan sinkronisasi. Jika semua aplikasi yang membutuhkan internet seperti BBM, Facebook Massenger, dll berjalan bersamaan, tentu akses internet kamu akan terbagi ke aplikasi tersebut, sehingga akses internet menjadi lemot. Maka dari itu, nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan pada latar belakang.

4. Gunakan Aplikasi Jenis Lite

Aplikasi dengan jenis Lite biasanya menawarkan fitur lebih ringan dan sederhana dibandingkan dengan aplikasi yang aslinya. Biasanya aplikasi dengan jenis Lite tidak menawarkan banyak fitur karena memang tujuan utamanya adalah lebih sederhana dan ringan untuk digunakan. Seperti halnya aplikasi yang dimiliki oleh raksasa sosial media yaitu Facebook. Informasi yang didapatkan dari Facebook juga sangat penting dan biasanya banyak orang yang membuka Facebook hanya untuk mencari informasi terbaru.

Untuk mempercepat kamu dalam mencari informasi di Facebook kamu wajib menginstall Aplikasi Facebook Lite yang bisa kamu unduh di Google Play. Aplikasi Facebook Lite ini dapat berjalan pada jaringan koneksi lemot sekalipun. Dengan menggunakan aplikasi Facebook Lite, bandwith yang dipakai juga tidak terlalu boros sehingga kuota kamu bakal awet.

5. Bersihkan Cache Pada Aplikasi

Jika semua cara diatas belum juga berhasil dengan sempurna, kamu dapat mencoba membersihkan cache pada aplikasi yang berjalan lamban. Untuk meningkatkan kecepatan akses internet kamu juga harus memperhatikan cache pada aplikasi. Misalkan jika kamu merasa bahwa koneksi internet lelet pada saat membuka Chrome, maka bisa masuk menuju Settings >> Applications >> Google Chrome >> Clear Cache. Lakukan langkah tersebut pada aplikasi yang sama ketika kamu merasa internet berjalan lamban.

Tips Tambahan : Mempercepat Koneksi Internet di Android

Tips tambahan ini merupakan hal yang umum dan tentunya wajib jika kamu menginginkan koneksi internet yang cepat. Karena hal ini merupakan yang paling inti dalam menentukan kualitas internet yang stabil dan cepat.

Pilih Provider atau Paket Internet Terbaik

Percuma saja jika tips yang saya berikan diatas jika memang koneksi internet kamu benar-benar lemot. Karena hal yang paling sangat berpengaruh adalah jaringan pada masing-masing ISP yang di sediakan oleh operator. Banyak sekali provider yang berlomba-lomba menawarkan paket internet super cepat dengan harga yang terjangkau. Jadi sobat harus benar-benar pintar dalam memiliki paket internet.

Kenali Jaringan di Daerah Kamu

Percuma juga kalau menggunakan provider atau paket internet terbaik kalau di daerah kamu tidak mendukung jaringan tersebut. Sama halnya seperti jika kamu memilih paket internet 4G LTE tetapi daerah kamu masih belum mendukung jaringan tersebut. Ya, alamat saja dapat zonk paling mentok di jaringan 3G saja atau tidak yah H+.

Smartphone Android Yang Kamu Pakai

Sama seperti halnya daerah yang kamu tempati, smartphone Android juga bagaikan tempat tinggal bagi kartu yang kamu gunakan. Jika smartphone Android kamu belum mendukung jaringan 4G maka jangan di paksakan untuk menggunakan paket internet 4G LTE karena hal tersebut sia-sia saja alias percuma! Kalau benar-benar kamu menginginkan jaringan koneksi internet di Android dengan cepat, kamu bisa membeli smartphone Android yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Baca juga:
Demikian informasi mengenai cara mempercepat koneksi internet di Android supaya tidak lemot, setidaknya tips diatas dapat mempercepat koneksi internet kamu dari biasanya. Jika kamu mempunyai pertanyaan atau mempunyai tips sendiri untuk mempercepat koneksi internet, jangan lupa di share ya! Cukup berkomentar dibawah nanti semua pendapat kalian akan admin hargai, terimakasih sudah berkunjung.