8/16/2016

Perbedaan Custom Recovery TWRP dan CWM di Android

Cusrom OS | Perbedaan custom recovery TWRP dan CWM di Android - Bagi kalangan pemula Android pasti masih belum familiar dengan custom recovery dan terkadang saya melihat banyak yang bertanya di grup-grup Android. Misalnya apa sih itu TWRP dan CWM? Fungsinya TWRP dan CWM buat apa? Perbedaan TWRP dan CWM apa? dan lain sebagainya. Itu adalah pertanyaan yang kerap sekali yang saya lihat bagi pemula yang baru masuk grup Android. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit saja, karena saya juga masih newbie kalau menjelaskan terlalu banyak-banyak nanti takut salah hehehe.

Sebenarnya pengertian TWRP dan CWM itu sama saja, karena sama-sama termasuk dalam fitur recovery pada Android, namun hanya saja fitur pada custom recovery TWRP dan CWM lebih lengkap daripada bawaan recovery smartphone Android. Setiap smartphone Android sudah memiliki fitur recovery yang telah disediakan oleh vendor masing-masing smartphone, yang berguna untuk melakukan reset ulang maupun menghapus data dan lain sebagainya tergantung dari fitur recovery yang disediakan oleh vendor smartphone itu sendiri. Custom recovery TWRP dan CWM sangat berguna sekali bagi pengguna Android yang suka memodifikasi maupun menginstall custom rom.

Baca juga:
TWRP dan CWM sangat wajib terpasang pada smartphone Android yang ingin melakukan install custom rom. Selain itu, TWRP dan CWM dapat membantu kamu untuk melakukan backup ROM, jika suatu saat smartphone kamu mengalami masalah kamu cukup hanya restore kembali dan smartphone Android kamu akan kembali seperti normal. Bagi kamu yang ingin mengetahui perbedaan dari custom recovery TWRP dengan CWM kamu bisa langsung melihat artikel yang telah saya rangkum dibawah ini.

CWM (ClockworkMod)


ClockworkMod atau yang biasa disebut dengan CWM adalah sebuah custom recovery pada Android, yang fungsinya hampir sama seperti recovery default atau bawaan dari perangkat Android. Perbedaan CWM dengan TWRP sebenarnya tidak terlalu begitu mencolok, hanya saja untuk mengoperasikan CWM masih menggunakan tombol volume down, volume up dan power, sebenarnya juga bisa menggunakan touchscreen namun hanya saja sebatas untuk navigasi saja, seperti swipe atas dan swipe bawah. Pada tampilan CWM lebih sederhana dan fiturnya juga lebih simpel yang cocok digunakan bagi pengguna pemula.

TWRP (Team Win Recovery Project)


Team Win Recovery Project atau yang biasa kita kenal dengan TWRP adalah custom recovery pada Android, yang fungsinya hampir sama seperti recovery default atau bawaan dari perangkat Android. TWRP memiliki tampilan yang lebih modern dan rapi serta memiliki fitur yang lebih lengkap daripada CWM. Selain itu custom recovery TWRP dapat kamu operasikan dengan menggunakan touchscreen karena memang untuk mengoperasiakannya berbasis layar sentuh.

Hanya itu saja yang saya ketahui dari TWRP dan CWM, disini saya tidak bermaksud untuk menjelek-jelekan dari salah satu custom recovery tersebut, kerena kedua custom recovery tersebut memang sangat membantu sekali untuk pengguna Android. Semua pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi silahkan pilih salah satu dan sesuaikan dengan kebutuhan untuk di install pada smartphone Android kamu. Kalau ada kekurangan dan kesalahan pada penulisan kata maupun informasi, mohon di maklumi. Jika kamu mempunyai pendapat sendiri tentang TWRP dan CWM, silahkan untuk berkomentar dibawah.