5/22/2017

Cara Mengatasi HP Lupa Password, Pola Kunci Layar, dan Terblokir

Cusrom OS | Cara Mengatasi HP Lupa Password, Pola Kunci Layar, dan Terblokir - Mungkin kita akan merasa panik jika smartphone yang kita miliki mengalami masalah seperti lupa password atau kata sandi, lupa pola kunci lock screen pada layar, bahkan terblokir karena ulah orang lain. Memang mengunci HP Android itu sangat penting karena untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan yang bisa saja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun kita juga hanya sebagai seorang manusia yang terkadang sering lupa dengan sesuatu hal meskipun itu penting dan terkadang juga kita sudah ingat password pola kunci pada layar namun tetap saja tidak bisa masuk ke menu atau homescreen. Mungkin karena sistem pada HP Android tersebut bermasalah karena memang semua pasti mempunyai kekurangan masing-masing.

Jenis keamanan yang paling sering di pakai dan paling aman adalah Pattern Lock dimana sistem keamanan ini memungkinkan perangkat handphone atau smartphone mereka di amankan menggunakan password berupa pola yang bisa di atur sesuai keinginan. Namun jika terlalu sering salah menggunakan pola kunci, maka kemanan tersebut akan memblokir dan tidak bisa masuk lagi ke homescreen. Pengalaman saya dulu yaitu saat tertidur ternyata ada teman saya yang main tablet Acer saya, padahal tablet itu saya kunci dengan pola tapi ternyata dibuat main polanya akhirnya tidak bisa digunakan lagi alias terblokir. Saya searching di google cara mengatasinya tapi jalan terakhir yang saya tempuh adalah harus reset awal ke pabrik data-data penting pun hilang.

Baca juga:
Nah, untuk sobat yang mengalami masalah yang seperti ini, saya akan mencoba memberikan tips cara mengatasinya. Bagi yang lupa password atau pola mungkin masih bisa diatasi dengan beberapa keberuntungan yang kamu miliki. Namun jika tidak bisa, langkah terakhir yang bisa kamu ambil adalah mereset ulang HP Android kamu kembali ke pabrik, tentu hal tersebut menyebabkan resiko yang sangat tinggi dengan kehilangan semua data yang kamu miliki pada penyimpanan internal. Baiklah langsung saja, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi handphone kamu yang terblokir atau yang lupa password pola kunci layar.

Langkah Pertama

  1. Cara ini bisa di lakukan jika smartphone android kamu terhubung dengan internet, baik dari akses internet paket data maupun dari WiFi.
  2. Klik opsi Forgot password (Lupa Password) atau Pattern.
  3. Selanjutnya masukkan Username dan Password akun Google kamu.
  4. Kemudian klik Sign in.

 Langkah Kedua

  1. Jika tidak bisa mengakses jaringan internet gunakan cara yang ini.
  2. Kamu bisa melakukan panggilan telepon menggunakan smartphone lain dan menghubungi handphone kamu yang bermasalah itu.
  3. Kemudian jawab panggilan tersebut dan jangan sampai di tutup.
  4. Selanjutnya tekan tombol Home lalu masuk ke menu Setting dan aktifkan internet agar kamu bisa login ke akun Google.
  5. Kamu juga bisa mencoba melakukan Disable kunci di pengaturan tersebut.

Langkah Ketiga

  1. Jika langkah sebelumnya belum berhasil juga maka ini adalah jalan terakhir yang cukup ampuh yaitu melakukan factory reset atau hard reset terhadap smartphone android kamu yang bermasalah
  2. Biasanya menggunakan tombol kombinasi untuk masuk ke mode recovery yaitu dengan menekan tombol Power + Home + Volume Up secara bersamaan sampai muncul tampilan recovery.
  3. Jika smartphone android kamu tidak memiliki tombol Home, kamu bisa menggunakan tombol kombinasi Volume Up + Power atau jika tidak bisa juga menggunakan kombinasi Volume Down + Power secara bersamaan.
  4. Kemudian arahkan menggunakan tombol volume ke pilihan Wipe data/factory reset kemudian jika sudah Reboot system now untuk merestart smartphone android.
  5. Setiap merek smartphone atau handphone memiliki cara sendiri untuk melakukan hard reset atau factory reset. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mencari di Google sesuai merek smartphone android yang kamu miliki.
Itulah cara mengatasi HP Android yang lupa pola kunci, semoga artikel tersebut bisa membantu mengatasi masalah pada smartphone Asus Zenfone, Sony Xperia, Xiaomi, Lenovo, Oppo, Acer, Smartfren Andromax, Samsung, LG, Nexus, Advan, OnePlus, Huawei, Evercoss, Infinix dan lain-lain. Semoga bermanfaat untuk sobat.