8/14/2016

Cara Mengatasi Layar Sentuh di Android Bergerak Sendiri (Ghost Touch)

Cusrom OS | Cara mengatasi layar sentuh di Android bergerak sendiri (Ghost Touch). Pernahkah kamu mengalami kejadian aneh pada handphone Android kamu, misalnya layar sentuh atau touchscreen di Android kamu bergerak sendiri padahal kamu tidak menyentuhnya sama sekali, apakah ada hantu yang memainkan handphone kamu? Hahahaha bukan sob, mana mungkin hantu bermain handphone. Masalah error pada touchscreen Android tersebut biasanya di sebut dengan Ghost Touch, itu adalah hal masalah yang kerap muncul pada smartphone Android.

Saya juga sering mengalami hal tersebut pada tablet Android saya yaitu Acer, hal yang sering saya alami adalah saat sedang mengetik, pada saat saya menyentuh huruf A tapi meleset ke Z dan terkadang juga menekan satu huruf malah munculnya lebih dari itu dan tidak karuan sekali kata-katanya. Semua smartphone Android juga pasti memiliki error meskipun smartphone Android canggih sekalipun seperti Asus, Oppo, Samsung, Xiaomi, Sony, Lenovo, dan lain sebagainya. Namanya juga buatan tangan manusia pasti mempunyai kekurangan dan juga kelebihan.

Terus bagaimana cara mengatasi error pada layar sentuh atau touchscreen di Android? Untuk mengatasi hal tersebut, disini saya akan memberikan beberapa tips atau cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi Ghost Touch pada smartphone Android kamu. Perlu diingat bahwa Gohst Touch bukan hanya terjadi karena kerusakan pada layar atau LCD smartphone saja, tapi ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, jadi jangan langsung mengambil tindakan untuk mengganti LCD baru, karena kamu bisa mencoba tips atau cara dibawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Ghost Touch


1. Kerusakan Pada Charger

Ini adalah masalah yang sering terjadi pada kebanyakan smartphone Android, dimana saat sedang melakukan aktivitas charging saat itu pula kamu juga menggunakan smartphone. Padahal sangat tidak di rekomendasikan bahwa saat melakukan aktivitas charging secara bersamaan menggunakan smartphone Android, karena dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan lainnya.

Selain itu, bagi kamu yang mengalami Ghost Touch pada saat melakukan charging berarti charger yang kamu gunakan bermasalah, cobalah untuk mengganti dengan charger lain jika kamu masih ngeyel tetap ingin melakukan charging sambil bermain smartphone. Jika tidak punya charger lain sebaiknya kamu sabar untuk melakukan cas sampai penuh dulu.

2. Layar Sentuh Terkena Air atau Kotor

Pada saat kamu selesai menyentuh air lebih baik tunggu sampai tangan kamu benar-benar kering jangan langsung menggunakan smartphone, karena layar sentuh pada smartphone sangat sensitif sekali pada air. Selain air, banyak sekali yang menyebabkan Ghost Touch pada smartphone Android seperti benda-benda lainnya. Maka dari itu pastikan layar sentuh pada smartphone yang kamu miliki, kamu bersihkan menggunakan tisu terlebih dahulu jika terjadi Ghost Touch.

3. Kondisi Layar Sentuh Sedang Panas

Layar sentuh atau touchscreen pada smartphone juga memiliki batas toleransi panas supaya bisa bekerja secara normal, biasanya di bagian luar smartphone kamu terasa agak sedikit panas, tetapi di dalam smartphone akan lebih panas lagi. Terkadang hal itulah yang dapat menyebabkan smartphone kamu mengalami Ghost Touch atau layar sentuh bergerak-gerak sendiri, solusinya adalah kamu harus menghentikan pemakaian beberapa menit dulu supaya suhu pada smartphone Android kamu kembali normal.

4. CPU dan RAM di Android Bekerja Secara Berlebihan.

Membuka banyak aplikasi secara bersamaan dan tidak menutup aplikasi yang tidak dipakai lagi membuat RAM dan CPU pada smartphone bekerja keras. Tentu hal tersebut membuat smartphone tidak akan bekerja secara efektif dan menyebabkan tidak stabilnya sistem serta dapat mengakibatkan Ghost Touch. Untuk mengatasi masalah tersebut, jangan menggunakan smartphone multitasking atau menggunakan banyak aplikasi secara berlebihan.

5. Bugs Pada Software atau ROM

Masalah software juga dapat menyebabkan Ghost Touch pada smartphone Android, mungkin kamu beru-baru saja melakukan upgrade firmware dan di versi firmware tersebut ternyata terdapat sebuah bug. Maka, cara untuk mengatasi layar sentuh yang bergerak sendiri atau Ghost Touch yang di sebabkan oleh bug pada firmware adalah dengan melakukan downgrade firmware ke yang lebih stabil.

Baca juga:
Kesimpulan: Langkah awal yang paling baik untuk mengatasi layar sentuh di Android yang bergerak sendiri adalah melakukan restart atau reboot supaya smartphone Android kamu lebih segar. Langkah kedua, jika semua cara diatas belum bisa mengembalikan smartphone kamu yang Ghost Touch kamu bisa melakukan reset ulang ke pabrik atau hard reset, namun resikonya adalah data kamu akan hilang semua tapi kamu bisa membackup data kamu terlebih dahulu untuk mencegah hal tersebut. Langkah terakhir, jika layar sentuh smartphone kamu masih bergerak sendiri, berarti LCD mengalami kerusakan, jadi alangkah baiknya kamu bawa ke service center terdekat.