8/06/2016

Cara Ampuh Mengatasi Error Sayangnya BBM Telah Berhenti di Android

Cusrom OS | Cara mengatasi error sayangnya BBM telah berhenti di Android. Blackberry Messenger merupakan aplikasi chatting yang populer dan paling banyak digunakan untuk melakukan aktivitas chat apalagi pengguna BBM paling banyak adalah di negara kita yaitu Indonesia, hampir pengguna smartphone memiliki aplikasi BBM di smartphonenya masing-masing. Dengan kemudahannya dan juga simpel serta aktivitas chat yang cenderung private, karena BBM menggunakan PIN khusus untuk bisa melakukan chat dan tidak semua orang bisa chating dengan kita secara sembarangan. Semakin banyaknya peningkatan pengguna BBM tentu berdampak pada performa aplikasi ini yang terkadang sering mengalami error.

Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan bagi kita sebagai pengguna yang terkadang lagi asyik-asyiknya sedang chattingan dengan teman tiba-tiba muncul pesan ”Unfortunately, BBM Has been Stopped" atau dalam bahasa Indonesia adalah "Sayangnya, BBM Telah Berhenti" yang memaksa kita untuk menutup aplikasi BBM atau biasa di sebut Force Close. Biasanya masalah tersebut muncul karena berbagai banyak faktor diantaranya memang terdapat bug dari aplikasi BBM, penggunaan RAM Penuh, versi BBM tidak cocok, dan lain-lain. Saya juga sering mengalami hal tersebut, setelah saya selidiki penyebabnya ternyata pengunaan RAM yang paling berpengaruh menyebabkan crash atau force close pada BBM.

Bagi kamu yang mengalami hal yang sama, pada artikel kali ini saya akan memberikan tips atau cara mengatasi error "Sayangnya, BBM Telah Berhenti" di Android. Mungkin cara atau tips ini tidak menjamin selalu lancar dalam menggunakan BBM setidaknya cara ini dapat meminimalisir terjadinya "Unfortunately, BBM Has been Stopped" karena sampah atau cache pada android dari waktu ke waktu akan menumpuk yang menyebabkan ruang penyimapanan penuh, jadi kamu juga harus rajin-rajin untuk membersihkan tumpukan cache pada smartphone android kamu. Baiklah, langsung saja kamu bisa mencoba tips dari saya untuk mengatasi error pada BBM.


1. Menghapus Tumpukan File Sampah di BBM

Semakin menumpuknya file cache menyebabkan penggunan RAM menjadi penuh sehingga kinerja smartphone android menjadi berat dan lambat. File cache tidak hanya disebabkan oleh aplikasi BBM saja, bisa juga di sebabkan oleh aplikasi lain misalnya Instagram, Facebook, Twitter, SnapChat, WeChat, dan masih banyak lagi. Jika di biarkan saja akan berdampak buruk pada kinerja smartphone.

Untuk menghapus file cache di android, kamu bisa membersihkannya dengan manual tanpa perlu menggunakan aplikasi lain, cukup menuju ke Pengaturan berikutnya Aplikasi lalu Terunduh kemudian cari aplikasi BBM kemudian cari opsi “Hapus Cache”.

2. Menghapus Data Pada Aplikasi BBM

Menghapus data pada aplikasi BBM akan membuat BBM menjadi ke seperti awal atau baru di install. Maka dari itu sebelum menghapus data pada BBM pastikan kamu masih mengingat Username dan Password akun BBM. Jika masih ingat kamu bisa mencoba cara ini, dengan menuju ke Pengaturan berikutnya Aplikasi lalu Terunduh kemudian cari aplikasi BBM kemudian cari opsi "Paksa berhenti" lalu "Hapus data".

3. Memperbarui Versi BBM

Cobalah untuk memperbarui versi BBM kamu ke yang paling baru, karena mungkin BBM kamu dalam keadaan versi yang masih terdapat bug sehingga sering mengalami error. Dengan melakukan update ke versi terbaru mungkin akan menghilangkan bug, karena pihak BBM sudah memperbaiki bug pada versi terbarunya sehingga dapat meminimalisir error atau crash yang sering terjadi.

4. Downgrade Versi BBM

Jika dengan melakukan upgrade atau memperbarui versi BBM malah sering membuat error maka lebih baik kamu mencoba untuk menginstall BBM ke versi yang lama atau yang biasa disebut dengan downgrade. Maksudnya adalah jika kamu sekarang menggunakan versi BBM terbaru yaitu v3.0.0.18 maka kamu harus menginstall BBM di versi bawahnya, mungkin versi v2.11.0.18 atau yang lainnya.

5. Reset Ulang Smartphone

Jika semua cara diatas belum berhasil, cara terakhir ini terbilang cukup ekstrim dan memiliki resiko yang sangat tinggi, karena dengan reset ulang smartphone maka semua data pada smartphone akan hilang. Namun kamu bisa mengamankan data penting dengan cara backup terlebih dahulu data-data sebelum melakukan reset ulang ke pabrik. Dengan reset ulang ke pabrik tampilan smartphone kamu akan kembali ke awal seperti membeli baru sehingga semua aplikasi akan kembali seperti awal juga. Dengan begitu smartphone kamu akan lebih ringan untuk menjalankan aplikasi BBM serta masalah yang sering terjadi pada smartphone dapat diatasi.