8/25/2016

Begini!!! 7 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot

Cusrom OS | Cara ampuh mengatasi HP Android lemot - Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan pada handphone atau smartphone canggih di dunia ini. Android banyak diminati karena memiliki segudang aplikasi yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, namun Android juga memiliki masalah atau kelemahan yaitu biasanya yang sering terjadi adalah Androd lemot, lamban, atau lelet saat digunakan, sebenarnya bukan hanya perangkat Android saja tapi juga hampir semua perangkat akan mengalami penurunan performa jika sudah dimakan usia. Pada saat membeli baru tentunya kinerja dari perangkat apapun akan bagus dan terlihat stabil tak terkecuali perangkat Android.

Memang sangat menyebalkan jika pada saat asyik-asyiknya menggunakan perangkat Android tiba-tiba lemot apalagi sampai macet, waduuh!!! Rasanya ingin melempar HP yang kita miliki. Saat mengalami lemot hingga macet biasanya muncul beberapa pesan error seperti "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti" dan lain sebagainya. Seiring dengan banyaknya aplikasi Android yang bermunculan dan sistem operasi Android yang kini terus dikembangkan untuk mendukung dan membantu kegiatan baik itu aktivitas harian atau pekerjaan bagi penggunanya, mau tidak mau Android yang kamu gunakan harus selalu tetap ada pada genggaman. Terus, apa sih penyebab Android menjadi lemot?

Jika kalian bertanya penyebab Android lemot, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi atau menyebabkan Android menjadi lemot diantaranya adalah yang sudah saya sebutkan tadi yaitu faktor usia, sama halnya seperti manusia jika semakin tau maka tenaganya akan menurun. Faktor yang kedua adalah faktor user atau pengguna, meskipun HP Android memiliki spesifikasi sebagus apapun tapi jika penggunanya asal-asalan dalam menggunakan smartphone yang dimilikinya percuma tanpa perlu tahu penyebab dan akibatnya. Faktor ketiga adalah fisik dari smartphone itu sendiri yang dirancang dalam jangka waktu tertentu oleh masing-masing vendor dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Pada zaman sekarang ini banyak orang yang menghabiskan waktu dan berinteraksi dengan smartphone. Sebagai pengguna aktif handphone atau smartphone Android, tentunya kamu menginginkan perangkat Android kamu dalam performa yang baik tanpa lelet. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas informasi tentang cara mengatasi smartphone Android yang lemot. Banyak tips atau cara mengatasi Android yang lemot, mungkin beberapa cara yang akan saya sampaikan ini sudah pernah kamu lakukan. Meski sudah dilakukan karena alasan lain, sebenarnya mungkin hal itu memang harus kamu lakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apa saja kah, tips atau cara mempercepat Android yang dapat dilakukan untuk menjaga performa kinerja Android kamu?

1. Menghapus Aplikasi Tidak Penting.


Semakin banyak aplikasi yang terinstall pada handphone menyebabkan memori internal atau RAM menjadi menyempit. Setiap smartphone pasti mempunyai spesifikasi memori yang berbeda-beda, jika kamu tidak pintar-pintar dalam mengelolah penyimpanan maka smartphone kamu akan timbul masalah baru. Menghapus aplikasi yang tidak penting merupakan hal yang wajib kamu lakukan karena jika aplikasi tersebut aktif padahal tidak kamu gunakan hanya menyebabkan RAM penuh, seperti halnya aplikasi penambah daya baterai itu merupakan aplikasi yang paling tidak penting karena setiap smartphone sudah dibekali baterai dengan kapasitas energi yang sudah ditetapkan.

2. Tutup Aplikasi Setelah Digunakan.


Kebanyakan orang setelah menggunakan aplikasi tidak ditutup secara benar cuma hanya mengeluarkan aplikasi yang dia pakai saja. Menutup aplikasi setelah dipakai secara benar adalah dengan menghilangkan aplikasi tersebut di latar belakang, biasanya cara yang digunakan untuk menghilangkan aplikasi yang telah dipakai pada layar belakang adalah menggunakan tombol-tombol tertentu karena setiap smartphone memiliki tombol rahasia tersendiri.

3. Update Firmware & Aplikasi Android.


Untuk mengatasi Android lemot berikutnya adalah dengan cara melakukan update software yang ada pada perangkat Android kamu ke yang paling terbaru, karena mungkin saja dalam versi sekarang aplikasi atau firmware yang kamu gunakan belum sempurna dan menyebabkan perangkat Android kamu lemot, jika ada update maka segera lakukan sebab dengan adanya pembaruan bertujuan untuk memperbaiki bug atau kesalahan yang terdapat pada versi yang sekarang. Namun tak jarang juga setelah melakukan update malah menyebabkan masalah baru, jika kamu rasa dalam versi sekarang sudah baik maka jangan lakukan update.

Karena setiap perubahan pasti mempunyai resiko bug atau masalah, namun pihak pengembang juga akan melakukan perbaikan demi kenyamanan penggunanya. Jika kamu ingin melakukan pembaruan sistem operasi atau firmware Android, kamu bisa memeriksanya melalui menu Settings » About » System Update. Selain firmware, aplikasi juga harus kamu update caranya dengan menuju ke Google Play » Menu » Aplikasi saya.

4. Pindahkan Aplikasi Ke SD Card

Supaya memori internal kamu tidak penuh, kamu dapat memindahkan data aplikasi Android ke SD Card. Cara ini terbilang cukup efektif dalam mengurangi penumpukan file yang berada pada memori internal, untuk dapat memindahkan data aplikasi ke SD Card bisa dilakukan pada smartphone Android Jelly Bean keatas namun tidak semua smartphone juga mendukung fitur tersebut. Kamu tidak perlu membutuhkan aplikasi tambahan caranya cukup pergi Pengaturan » Aplikasi » Terunduh » Nama Aplikasi, kemudian pilih opsi “Pindahkan ke Kartu SD”.

5. Jangan Menggunakan Live Wallpaper & Widget Berlebihan.

Widget memang berguna untuk mempercantik tampilan Android dan sebagai jalan pintas untuk  memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait, namun disisi lain menggunakan widget secara berlebihan malah akan membuat Android menjadi lemot karena widget dapat mengkonsumsi RAM pada Android. Karena sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak bagus untuk dilakukan, maka dari itu kurangi widget yang kurang berguna.

Selain widget, wallpaper juga sebagai hiasan tampilan Android namun jika menggunakan live wallpaper maka konsumsi RAM akan semakin bertambah dan menyebabkan Android menjadi lemot. Memang live wallpaper bagus dan lucu karena memiliki animasi yang dapat bergerak namun sebaiknya dihindari pemakaian live wallpaper, karena kurang berguna.

6. Hapus Cache atau File Sampah

Ketika kamu menggunakan aplikasi, smartphone Android akan menghasilkan cache dari aplikasi yang kamu gunakan. Cache merupakan penyimpanan memori yang bersifat sementara dan cache akan terus bertambah dari waktu ke waktu penggunaan untuk memenuhi memori di smartphone Android. Sama halnya jika kamu sedang browsing berkas file riwayat akan menghasilkan cache yang tersimpan pada browser tersebut dan jika kamu tidak membersihkannya maka dapat berakibat pada kinerja smartphone Android menjadi lelet dan lemot. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan menghapus file sampah seperti Clean Master atau History Eraser.

7. Hard Reset atau Flashing Ulang


Cara yang terkahir untuk mengatasi Android lemot adalah dengan melakukan reset ulang ke awal pabrik, dimana cara ini dapat menghapus semua data-data yang tersimpan di Android. Sebelum melakukan hal tersebut ada sebaiknya melakukan backup semua data, memang cara ini cukup beresiko tapi cara terakhir ini sangat efektif dalam mengatasi Android lemot.

Untuk hard reset biasanya dengan cara menggunakan kombinasi tombol Power + Home + Volume Up secara bersamaan hingga muncul tampilan recovery. Jika smartphone android kamu tidak memiliki tombol Home, kamu bisa menggunakan kombinasi Volume Up + Power atau jika tidak berhasil masuk recovery juga, gunakan kombinasi Volume Down + Power secara bersamaan. Kemudian arahkan menggunakan tombol volume ke pilihan Wipe data/factory reset kemudian jika sudah Reboot system now. Seperti yang kita ketahui, bawah setiap smartphone memiliki cara berbeda-beda untuk bisa masuk ke recovery.

Kalau mau lebih ampuh lagi kamu bisa dengan menggunakan metode flash ulang, cara ini memiliki persamaan yaitu mengembalikan smartphone seperti baru. Namun flashing ulang jauh lebih unggul karena dapat menghilangkan semua masalah pada software Android seperti booloop, brick, dan lain sebagainya. Untuk melakukan flashing ulang terbilang cukup rumit karena harus menyesuaikan firmware masing-masing Android dan membutuhkan bahan-bahan lainnya, kamu bisa mencari tutorial flash ulang sesuai tipe smartphone yang kamu miliki.

Baca juga: Cara Mengatasi Smartphone Android Lupa Password

Nah, itulah informasi tentang cara mengatasi Android lemot. Jika semua langkah diatas sudah kamu lakukan tapi masih saja tetap lemot, maka kembali lagi ke spesifikasi smartphone Android yang kamu miliki serta hardware pada perangkat Android kamu sudah sangat tua. Semoga artikel yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk sobat, jika ada masalah atau keluhan yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar dibawah.